Jumat, 17 Agustus 2012

CARA PASANG LAMPU HID

Pasang HID Motor
Lampu HID sejatinya diperuntukan untuk peranti keamanan ekstra, karena cahaya yang dihasilkan dari lampu ber-Gas tersebut cukup terang untuk mendampingi perjalanan anda. Mungkin dari para pengguna roda dua yang awam akan cara pasang lampu hid di motor masih mencari cari informasi yang baik tentang cara pemasangannya yang mudah.

Awal sebelum pemasangan lampu HID ini, kita musti mengetahui bagaimana lampu ini bisa menyala dengan baik. Tidak sepeerti lampu halogen biasa yang tinggal colok sesuai dengan jumlah kaki pada konektor lampu besar. Lampu HID membutuhkan tegangan listrik yang stabil, dan ini bisa didapat dari tegangan aki motor kita.

Dalam artikel sebelumnya penulis pernah membahas tentang cara merubah kelistrikan motor yang normal (ac) ke DC. Betul, jadi lampu HID bisa digunakan pada motor dengan kelistrikan DC. Jadi anda harus merubah kelistrikan motor terlebih dahulu.

Tespen DC
 Lampu HID kit yang kita beli dari bengkel motor atau toko aksesoris lampu memiliki berbagai jenis, ada yang tergantung watt dan kelvin. Dalam HID kit tersebut umumnya terdapat rangkaian berupa ballast, lampu hid, relay dan kabel yang sudah terdapat sekring pengaman.

>langkah pemasangan
Kabel plus minus bisa langsung dicolok ke aki, kabel plus yang (Umumnya) terdapat sekringnya. Kabel minus umumnya berwarna hitam. Mulai deh brother mengarang penempatan ballastnya, karena umumnya ukuran ballast cukup besar.

Pasang lampu pada rumah reflektor (lihat gambar diatas), lalu ada kabel merah/biru atau putih/hitam yang mengatur high & low lampunya. Dibeberapa merek HID kabel Hi/Low sudah berupa soket kecil. Ini berlaku pada lampu HID yang berfitur hi-low. Kabel putih/hitam umumnya untuk menghidupkan lampu mode low dan yang merah/biru untuk mode high.

HID KIT
Cara memasangnya cukup disambungkan dengan kabel penghubung (standar) hi/low lampu depan, agar nantinya brother bisa merubahnya kembali bila sudah bosan. Bila ingin permanen brother bisa membeli rumah sekun (Soket) yang cocok dengan connector lampu tersebut.

Bila sudah, brother bisa menyambungkan soket soket dari lampu HID keballast HID. Dari relay HID ke Balasst HID. Jangan takut salah, karena soket disini sudah sesuai dengan pasangannya masing masing. Bila sudah beres semua, tinggal brother mencoba untuk menyalakan lampunya. Jangan takut mencobanya sendiri, selama mengikuti arahan dengan baik tidak akan ada konsleting kok. Selamat mencoba.

Skema Sederhana pemasangan lampu HID saat kelistrikan motor sudah DC.

Skema Pemasangan Lampu HID

Keterangan gambar :
Battery : Aki motor
Motor : Relay Konektor
Lamp : Lampu HID (Bohlam)
Ballast : Ballast HID
Original Socket : High / Low

Cari HID murah berkualitas? Klik Link di bawah ini.
Lampu HID Motor Berkualitas

Pemasangan HID oleh kami :

Ongkos pemasangan : Rp.50.000 - Rp.80.000 (Tergantung jenis motor, Kesulitan & Jumlah lampu HID)
Langkah & Cara yang kami lakukan :

Pengecekan Tegangan AKI
* Ubah dari AC ke DC tanpa potong kabel.
* Kualitas kabel diatas kualitas kabel standar motor.
* Penggantian sekun soket tanpa potong kabel.
* Menggunakan selongsong bakar & isolasi kabel kualitas No.1 (Nitto)
* Pengetesan Akurat dengan Tespen DC.
* Switch on/off untuk headlamp motor berlampu dua.
* Konsultasi kelistrikan motor.
* Pengetesan tekor atau tidaknya motor menggunakan Voltmeter Digital yang sangat akurat.
* Tanpa perlu ganti kiprok.
* Yang pasti berpengalaman.

Pemasangan HID silahkan SMS 1 X 24jam sebelumnya.
Pemasangan @TKP Larangan Indah - Larangan - Tangerang.

Bowo
(09:00-21:00)

08989 83 2345 SMS
02193 82 6789 CALL
08777 407 4177 CALL
0813 1748 4555 CALL

Baca Juga :

Cara Ubah AC ke DC
Cara Ubah AHO ke DC

Kamis, 16 Agustus 2012

CARA MERUBAH KELISTRIKAN MOTOR KE DC

Lampu variasi butuh arus aki yang stabil (DC)

Bingung dengan istilah motor AC dan DC? Penjelasan simplenya adalah "AC" kelistrikan lampu motor mengikuti putaran mesin, jika mesin menyala baru lampu bisa menyala. Bila "DC" kelistrikan motor tidak mengikuti putaran mesin, jika mesin mati dan kontak dalam posisi ON. Lampu - lampu motor sudah bisa dinyalakan, dan cahaya yang dihasilkan pun lebih stabil.

Bila ingin menginstal lampu HID atau lampu aksesoris lainnya, seperti Projector HID, LED CREE, Led Luxeon Dll. Wajib merubah kelistrikan motor yang semula AC menjadi DC agar instalasi lebih mudah serta menstabilkan lampu HID yang akan diinstal. Karena beban kelistrikan sepenuhnya akan bergantung pada tegangan AKI Motor.

Pemakaian Tespen DC
Alat yang dibutuhkan :

Tespen DC.
Isolasi yang Bagus.
Cutter.
Kabel sesuai kebutuhan.

Ada baiknya kita mengecek supplay listrik yang mengisi jalur lampu depan menggunakan kabel warna apa. Cara ini bisa diketahui lewat membongkar switch yang berfungsi untuk menghidupkan lampu senja dan lampu besar. Ingatlah kabel yang mensupplay berwarna apa.


Honda : Kuning Garis Putih / Kuning polos / Kuning garis Silver
Yamaha : Kuning / Kuning garis merah
Suzuki : Kuning garis Putih 
(untuk lebih yakinnya silahkan cek sendiri atau bertanya pada bengkel yang ahli)
(Warna diatas adalah patokan yang musti kita cek paling awal, setiap type motor berbeda beda)

Skema sederhana :
Setelah mengtahui kabel input yang menuju switch on/off, anda bisa menemukannya pada soket yang menghubungkan dari bagian bawah ke bagian atas. (Dari spull menuju Switch On/Off)

Skema Ubah Ac Ke DC Motor

Setelah menemukan soket yang menuju switch on/off, mulailah untuk mencari kabel warna apa yang mensupplay listrik dari kiprok. Cara ini bisa menggunakan metode sederhana dengan bantuan tespen DC (Bukan tespen AC). Jepit kutub minus (Jepit buaya) pada body motor (pastikan jepit buaya mendapat arus ground atau negatif), colok tespen dc pada kabel yang dituju. (Lihat pada foto motor xeon diatas). Nyalakan Mesin Motor, Bila tespen DC menyala mengikuti putaran mesin. Berarti kabel tersebut yang harus ditandai. (cara ini harus switch lampu on/off dalam keadaan Off)

kabel yang sudah ditandai tadi bisa di lepas dari soket tersebut pada sekunnya dengan cara dicongkel menggunakan obeng min kecil. Setelah sekun terlepas, sambungkan kabel yang menuju switch on/off lampu tersebut dengan cara dijumper ke kabel kunci kontak. Jangan salah sambung, karena biasanya ada dua kabel dan pilih yang (umumnya) berwarna hitam (honda) atau kuning garis orange atau orange (suzuki) atau merah garis hitam (yamaha).

Jangan lupa sekun kabel yang dilepas tadi diisolasi dengan baik, untuk mencegah konsleting.

Silahkan dicek lagi deh keluaran hasil voltasenya. Kalau disaat menyalakan lampu variasinya. Posisi voltase turun dengan cepat, Bisa dipastikan AKI anda akan tekor nantinya. Namun, bila turun lambat voltasenya dan saat di gas voltase kembali naik. berarti aman.

Selamat mencoba.

Baca Juga : 
* Cara Ubah DC di Motor dengan sistem lampu AHO.
* Cara Ubah DC Motor Honda Vario CW dan Vario Techno 110

RK MOTOR

Rabu, 08 Agustus 2012

PERLUKAH LAMPU HID

Semakin berkembangnya teknologi sangat berdampak positif bagi kebutuhan hidup masyarakat luas. Dalam langkah luasnya lampu HID atau lengkapnya High Intensity Discharge asal negeri tirai bambu banyak membanjiri toko - toko aksesoris di kota - kota besar indonesia. Khususnya jakarta.

Cahaya lampu HID
Dengan persaingan yang semakin ketat, terkadang dengan desakan kebutuhan peranti penerang jalan saat mengendarai kendaraan ini kita lupa dengan kualitas barang. Semakin banyak merek dan rupa harga yang kompetitif, konsumen banyak dibingungkan oleh pilihan harga murah.

Harga murah belum tentu kualitas jelek, tapi umumnya harga murah kualitas seawetnya. Cocokkan lagi dengan kebutuhan lain yang lebih perlu. Lampu HID dibutuhkan saat kita mengendarai kendaraan dalam keadaan jalan yang gelap.

Bila anda sering berpergian jarak jauh dan jalan yang anda lalui umumnya minim penerangan jalan umum, menurut penulis HID mutlak diperlukan. Tentunya agar kita lebih nyaman dan aman dalam berkendara.

Kadang - kadang demi gaya, konsumen muda melupakan fungsi utama dari lampu berpendar tinggi tersebut. Sehingga penggunaannya ditenggarai menjadi banyak penyebab ketidaknyamanan pengguna jalan umum lainnya. Jadi bijaklah dalam menggunakan lampu HID dijalan raya.

Sabtu, 04 Agustus 2012

PENGALAMAN MODIFIKASI KELISTRIKAN MOTOR

konektor sein motor
Dengan semakin banyaknya bengkel variasi, terkadang kita melupakan hal hal kecil yang akan menambah wawasan serta ketrampilan kita dalam berkarya. Dari lampu rem putus, pasang variasi lampu kedap kedip, atau pun variasi lainnya. Ketimbang memasang dibengkel dan meminta tolong pasang dari mekanik yang "terkadang" tidak menggunakan pengalamannya, lebih baik bawa pulang dan pasang dirumah sendiri deh barang yang diidamkan.

Kalau terdapat kesalahan dalam merakit, wajar. Karena kita belum pengalaman, toh yang buat percobaan motor kita sendiri. Itu pun bila anda berani mengambil resiko tersebut.

Umumnya hal yang paling vital menyangkut mesin dan kelistrikan. Jadi pasti bila yang belum punya pengetahuan sama sekali akan takut untuk mencoba pertama kalinya. kelemahan ini bisa dioangkas dengan bertanya kepada kawan atau tetangga yang mungkin punya pengalaman lebih dari kita.

Dengan belajar, kita pasti akan lebih kreatif dalam bertindak. Contohnya saat kita mencoba ingin memasang lampu sein sendiri, karena alasan lampu sein yang lama putus kabelnya. Atau terbakar, yang memaksa kita untuk menggantinya.

Seperti terlihat di foto diatas, lampu sein, konektor, sekun, kabel rangkaian dan rumah sein dapat kita peroleh dengan mudah dibengkel - bengkel suku cadang roda dua terdekat. dari hal kecil yang sudah berani kita perbuat pasti akan menambah pengalaman serta wawasan kita dalam berkarya pada roda dua.

Semangat dan tetap hati - hati dalam mencoba.

Rabu, 01 Agustus 2012

PILIH KIPROK MOTOR ASLI ATAU KW 2

Kiprok Motor
Banyak bergaul dalam dunia otomotif roda dua, secara tidak langsung mengajarkan kita dari pengalaman yang pernah terjadi pada kawan atau kerabat yang mencoba hal - hal baru pada tunggangannya. Pada beberapa kasus yang pernah dialami beberapa kawan penggemar modif yaitu merubah kiprok dengan alasan agar "pengisian listrik dari kiprok bisa lebih besar".

Dengan alasan ingin menambah pengisian listrik ke aki motor, malah pengalaman kawan dari penulis mendapat masalah yang lebih besar. Saat berpergian keluar kota dengan akselerasi motor maksimal, kiprok kw yang dipasang oleh kawan malah jebol. Alhasil motor mogok dan tidak bisa jalan. Karena pengisian aki motor berhenti sama sekali.

Untuk bro yang suka memodifikasi tunggangannya, menurut panulis lebih baik tetap menggunakan kiprok motor standar pabrikan. Karena ketahanan kiprok motor asli bawaan pabrikan lebih awet dan kuat, karena bahan material elektroniknya lebih berkualitas.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...