Jumat, 18 April 2014

MENGAPA HARUS GANTI LAMPU REM LED

ilustrasi : Foto Voltase Aki Motor
Bila mana kita telah memahami pada konsep penggunaan sumber daya (Listrik DC) pada motor anda, tentunya kita telah mengetahui bahwa pemakaian aki terbesar bukan pada lampu utama. Melainkan pada lampu belakang atau lampu rem.

Lho mengapa demikian? coba kita telaah lagi. Lampu utama depan saat keadaan motor standar (Listrik AC) itu menyala berdasarkan putaran mesin, yang telah distabilkan melalui sistem kerja pada kiprok. Sedangkan lampu rem, menyala dengan sistem switch atau putus sambung listrik dengan daya yang diambil dari aki / accu. (Kelistrikan AC)

Untuk kelistrikan motor yang sudah DC. Apabila kelistrikan motor kita ingin lebih stabil dan pastinya tidak tekor, bila kita sudah menggunakan lampu aksesoris motor. Seperti HID, Projector HID, Atau pun lampu lainnya. Maka penggantian lampu rem yang awalnya bohlam diwajibkan untuk mengganti ke jenis lampu rem led.

Karena daya yang digunakan lampu rem led, lebih sedikit daripada lampu bohlam rem standar.

Bohlam rem standar pada motor adalah 5Watt pada senja, & 18Watt pada rem. Namun bila pada pabrikan Y***** lebih besar lagi kita akan temui, yaitu 5W pada senja & 21W pada rem. Coba bandingkan dengan Lampu Rem LED. yang hanya 1-3W. Berapa daya yang bisa kita hemat dalam pemakaian beban listrik pada aki motor...

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...