Senin, 30 September 2013

CARA BUKA MIKA HEADLAMP MOTOR

Cara buka mika headlamp
Beberapa blog lain memang sudah banyak yang memberikan tips cara membuka mika headlamp atau reflektor sepeda motor. Banyak dari anda yang membaca artikel ini memang mencari referensi bagaimana cara membuka mika reflektor atau headlamp motor.

Mungkin penulis ingin berbagi ilmu kepada pembaca, tentang cara membuka mika headlamp motor dengan baik. Penulis sudah pernah mencoba beberapa metode membuka mika headlamp tersebut. Namun, menurut penulis, cara yang akan dijabarkan berikut ini adalah cara yang baik & bagus. Tentunya agar tidak merusak mika ataupun reflektornya.

Biasanya mika headlamp dibuka untuk memodifikasi headlamp motor, memasang lampu projector HID, mengganti mika reflektor dll.

Berikut beberapa alat yang akan digunakan :

a). HeatGun
b). Obeng minus kecil secekupnya
c). Obeng minus besar (Lebih besar makin bagus)
d). Lap anti gores (biasanya lap untuk kacamata)
e). kainlap (bahan halus)

Projector HID Vario 125
"Sebelum mempraktekan metode ini, ada baiknya anda membaca serta memahaminya terlebih dahulu. Agar tidak ada yang dirugikan akibat kesalahan melakukan cara ini"

1). Berikut langkahnya. Bersihkan reflektor lampunya. untuk meminimalisir kotoran-kotoran kecil agar tidak masuk kedalam reflektor saat mika telah terbuka. Letakkan reflektor dengan mika menghadap kebawah, alasi mika dengan kain bersih yang berbahan lembut. Agar mika tidak lecet.

2). Panaskan bagian pinggir reflektor secara memutar menggunakan heatgun, panaskan dengan durasi lambat 1 detik per 5cm. Lakukan dengan benar dan panaskan hanya dibagian pinggir saja. (Bagian Mika yang menempel ke reflektor). Cara ini untuk mengurangi daya rekat lem yang mengikat kedua bagian tersebut. Lakukan 2 atau 3 putaran. (Heatgun nyala pada posisi "Low" saja)

3). Congkel dan tahan pengait atau penjepit antara mika & reflektor menggunakan obeng minus kecil. Jangan langsung mencongkel mika. Biarkan obeng tersebut menahan pengaitnya. Panaskan kembali pinggiran reflektor tadi seperti langkah diatas selama 3putaran atau lebih.

4). Bila sudah cukup hangat bagian yang dipanaskan tadi, anda boleh mencongkel sela diantara mika dan reflektor tadi. Cara mencongkelnya pun bukan seperti anda membuka kaleng cat. Tetapi dengan cara obeng minus besar dijepitkan sejajar diantara sela tersebut lalu diputar seperti memutar baut minus.

5). Lakukan langakah no.4 pada setiap sudut dekat pengait. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak mika. Bila masih keras. Ulangi langkah memanaskan pinggiran reflektor tadi. Setelah mika mulai menjauh dari reflektor, akan terlihat lem perekat kedua sisi tersebut.

6). Bila sudah cukup spasinya, silahkan mika ditarik perlahan. Bungkus mika dengan plastik. Agar tidak terkena debu ataupun kotoran lainnya. Bila kotor, bersihkan mika dengan lap anti gores.

7). Bila ingin memasang kembali mikanya. Silahkan tempelkan mika pada reflektor, Tekan dengan kuat. Bila kurang rapat, panaskan sisi tersebut. Lalu tekan kembali hingga semua rapat.

Catatan :

* Lem perekat jangan dibuang atau dibersihkan. Karena kita tidak akan perlu lem tambahan saat ingin memasang mika kembali pada reflektor.
* Jangan lakukan membuka mika dengan menggunakan cairan seperti bensin, thinner, minyak tanah atau lainnya. Karena cairan tersebut akan merusak lem perekat ataupun merusak reflektor.
* Menggunakan hairdryer sebagai pengganti heatgun bisa dilakukan. Tetapi akan membutuhkan waktu yang sangat lama.
* Cara ini juga berlaku, bila anda mau membuka reflektor atau headlamp pada mobil.
* Hati-hati mika mudah pecah.
* Kalau ragu, serahkan saja pada ahlinya. Selamat mencoba.

RK Motor.

8 komentar:

  1. gan perlu ngerubah arus lisrik ga ..apa langsung pasang aja gan maksih

    BalasHapus
  2. sy uda punya projector buat new Jupiter MX 2012 tapi hanya bertahan 2 jam, tiba2 aki drop,lampu mati,klakson mati,untung orangnya tdk mati, apa sy harus upgrade regulator kiprok, mhon pencerahannya gan. Har_085241081943

    BalasHapus
  3. gan buat vixion lampu bulat yg dah jadi ada ga. brapa?????

    BalasHapus
  4. heatgun nyarinya di toko apaan ya gan?

    BalasHapus
  5. Good post. This is a very nice blog that i will definitively come back to more times this year. Thanks for informative post. cubicles West Palm Beach

    BalasHapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...