Jumat, 13 September 2013

PERTANYAAN SEPUTAR PROJECTOR HID AES

Banyak dari agan - agan yang ingin menginstall Projector HID AES tapi belum mengerti betul tentang seluk beluk dari barang tersebut. Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan ke kami. Silahkan di simak.

Update : 29 Juli 2015

Bisakah projector HID AES di pasang di sepeda Motor ?
Bisa, selama motor itu punya AKI / ACCU. pasti bisa. Namun perlu diingat untuk memenuhi kebutuhan atau supplay listrik ke ballast & inverter neon, membutuhkan arus listrik yang konstan atau stabil. Ini diambil dari AKI. Mampukah supplay listrik motor kita memenuhinya. Karena efek dari kelebihan beban pemakaian listrik pada motor, Yaitu tekor AKI.

Ballast Type AC Test Tang Ampere
Ballast HID type AC itu apa yah?
Ballast HID type AC itu. Bukan berarti kelistrikan motor tidak diubah ke DC. Ingat! Semua ballast HID mampu bekerja dengan suplay dari tegangan yang stabil (dalam hal ini diambil dari AKI/Accu) alias DC (Direct Current). Namun output dari ballast tersebut ada yang AC ada pula yang DC. Bila DC umumnya tegangan yang dihasilkan lebih kecil daripada Ballast Type AC.

Bagaimana ciri-ciri ballast type AC?
Biasanya ballast type AC memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a). Terdapat kotak kecil yang biasa disebut inverter. Biasanya tertulis "23000V".
b). Terdapat  tulisan atau grafir huruf A pada kotak inverter, alias "Grade A".
c). Menimbulkan suara decitan dari komponen elektro saat ballast pertama dinyalakan.
d). Ditest pada kabel + oleh tang Ampere akan menunjukkan angka. Bila Ballast DC, tidak akan bekerja tang Amperenya. (Opsi D adalah cara test paling akurat)

Saya sudah punya lampu HID, tapi ingin memasang projector HID. Bisakah kalau saya membeli Projectornya saja?
Bisa, Belilah projector HID berikut lampunya. Karena, lampu HID yang biasanya dijual pada umum menggunakan Lampu type H6. Sedangkan projector HID lebih banyak menggunakan type H1. Jadi anda bisa menggunakan ballast HID yang sudah ada. Lebih irit jadinya.

Saya mau beli projector HID, tapi saya minta lampu yang terang?
Kalau mau yang begini, request atau beli ballastnya dengan watt yang lebih besar. Disarankan, untuk menggunakan ballast dengan Merk yang sudah jelas alias bagus. Dan watt yang lebih besar. Tapi ingat. Mampukah pengisian spull motor anda mengimbangi pemakaian Ballast HID dengan watt yang lebih besar?

4.300K , 6.000K & 8.000K terangan yang mana ya gan?
Sama saja, Color temp itu menunjukkan cahaya yang akan di hasilkan dari bohlam lampu HIDnya. Itu dibuat untuk memenuhi kebutuhan kita. Seperti 4.300K yang bisa digunakan pada jalan berkabut & Hujan. 6.000K digunakan untuk jalan gelap & dalam kota. 8.000K digunakan untuk di dalam kota saja. (Dalam pengetesan, warna yang mendekati "Putih" cenderung memliki lumens yang lebih besar)

Contoh Warna Angel Eye dan Devil Eye

AE, DE itu apa yah?
AE itu singkatan dari Angel Eye, alias neon yang berbentuk bulat melingkar mengelilingi lingkaran pada Shroud atau Rumah projector. DE itu singkatan dari Devil Eye, alias pantulan cahaya yang timbul pada bagian tengah kaca projector HID. Umumnya wujud DE itu tidak terlihat, DE biasanya menggunakan cahaya dari lampu LED atau Neon kecil yang menyala dibalik kaca projector HIDnya.

Apakah bila memasang projector HID, headlamp motor saya harus dicoak atau di bobok?
Tergantung type motor, alias luas ruang yang dapat menampung dimensi projector HID itu sendiri. Misalnya pada Mobil, karena ruang yang terdapat pada umumnya headlamp mobil lebih besar daripada headlamp motor. Maka umumnya pemasangan projector HID pada mobil, tidak perlu coak atau bobok. Nah misalnya pada motor Matik yang umumnya memiliki ruang minim pada headlampnya, coak dan bobok maklum dilakukan. Mengingat ruang yang minim.

Bagaimana cara Upgrade cahaya projector HID saya?
Seperti yang dijelaskan diatas, kelvin lampu itu bukan patokan kepada terangnya hasil cahaya dari projector HIDnya. Jadi bila mau cahaya projector HID anda lebih terang. Bisa mengganti Ballastnya dengan type AC, ataupun mengganti ballast & bulb dengan Watt yang lebih besar. Contohnya, saat ini menggunakan projie 35W. Maka gantilah Ballast & Bulb HIDnya ke 55watt. Cek keterangannya disini.

Mengapa hasil dari cahaya projector saya kurang terang, tidak seperti awal pemasangan?
Banyaknya faktor yang mempengaruhi pencahayaan pada projector adalah hal yang musti kita perhatikan. Air atau cairan adalah musuh utama projector, bila terkena air saat projector dalam keadaaan panas, kemungkinan akan menyebabkan rontok/memudarkan lapisan chrome. Debu atau kotoran kecil juga dapat mempengaruhi hasil cahaya. (Jangan menggunakan bahan pembersih yang keras untuk membersihkan kotoran pada bagian projector/headlamp. Contoh : Bensin. dll)

 
Projector HID Suzuki APV Tangsel


Pertanyaan yang sering dilontarkan beberapa waktu belakangan ini,
Mobil saya menggunakan lampu Type H4, apakah bisa menggunakan Projector HID type Bohlam H1?

Projector HID bisa juga diistilahkan rumah tunggal yang sudah memiliki reflektor dalam hal ini projector untuk merefleksikan cahayanya sendiri. Jadi reflektor asli mobil anda dengan bohlam H4 tadi, hanya akan digunakan sebagai "dudukan" untuk tempat Projector itu sendiri. Agar cahaya yang dihasilkan tidak keluar garis batas yang ditentukan. (Seperti Contoh Foto diatas, suzuki APV type Bohlam aslinya adalah H4)

Apakah Bohlam HID Projector bisa digantikan dengan Jenis LED?
Bisa, tergantung type projector dan type bohlam yang digunakan pada type projector yang agan inginkan. Misalkan type projector G1 super dengan bohlam aslinya yang type H1, bisa digantikan dengan lampu LED type H1. Dengan sedikit di perbesar pada bagian lubang projectornya.

Apakah Projector HID yang agan Jual Bergaransi?
Iya, Sebagai layanan purna jual kami menggaransikan produk kami dengan jangka waktu 12 bulan sejak bulan pembelian. Barang yang digaransikan adalah ballast HID, bohlam dan rumah projectornya. Kami memberikan segel garansi sebagai tanda bukti bahwa barang tersebut berasal dari kami. harap tidak merusak atau mengubah segel garansi untuk memberikan kenyamanan bersama.

Mengapa Hasil cahaya projector HID tidak rata saat dijalan?
Silakan cek jawaban selengkapnya disini. http://regulator-kiprok.blogspot.com/2015/03/kenapa-cahaya-projector-tidak-rata.html

Punya masalah pada lampu & Ballast HIDnya? Cek Video dibawah ini.



Mau pasang sendiri tapi bingung caranya? Coba klik link ini. Cara buka mika headlamp motor.

Ingat pula, diluar sana ribuan penjual dengan ribuan cara yang berbeda dalam mendapatkan keuntungan. Pilah pilih sebelum bertransaksi adalah hal yang mutlak.

Artikel ini akan terus diUpdate sebagaimana banyaknya pertanyaan yang muncul oleh anda. 

Penulis menuliskan artikel ini untuk berbagi pengalaman, agar anda lebih mudah dalam mengerti suatu hal, bukan untuk ajang pamer atau sejenisnya. Silakan berikan komentar untuk membantu sesama.
Terima kasih.

91 komentar:

  1. bos, saya mau nanya nih
    BARU pakai HID proji 35W 7 bln, tpi lampu uda ga idup.
    di cek power ke ballast ada 13vdc , nah output dri ballast ga ada ....
    di cek lagi lampunya, pas diukur dapet 6M ohm (putus)
    padahal, saya jarang idupin lampu HID nya (karena kemaren aki masih soak belom ganti) dan baru seminggu beli aki yg mantap, eh lampunya skrg yg mati -___-
    ada masukan bos ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro Ali. Ada beberapa kasus yang sama pernah ane temui. Aki soak, menyebabkan arus yang harusnya tertahan alias (charging) ke aki, tidak bisa diterima oleh aki yang soak. Hal ini menyebabkan volt monitor atau sensor pembaca voltase pada kiprok akan melenceng dari seharusnya.

      hal ini bisa menyebabkan. Ballast & komponen kelistrikan lainnya yang bergantung pada aki, bisa jebol. karena arus yang diterima berlebih.

      Nah. kasus bohlam mati. mungkin pengaruh dari umur pemakaian atau komponen pendukung bohlamnya rusak. (ballast). semoga membantu.

      Hapus
  2. BRO saya baru pasang lampu HID Proji dengan Ballast 55watt+bulb 55watt, secara logika lebih terang dari ballast 55watt+bulb 35watt, tapi kenyataanx setelah di nyalakan bersamaan sedikit lebih terang yg ballast 55watt+bulb 35watt punya teman saya...

    apakha pengaruh dari aki/accu krn teman saya pake aki/accu satria FU 6 amper sedangkan aki/accu saya msi bawaan motor vixi new yg 4 amper... mohon pencerahannya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam Bro Bardin. Pertanyaan yang cukup banyak dipertanyakan ini.

      Oke, langsung saja. Logikanya betul. 55W VS 35W, pasti terang 55W. Tetapi hal yang musti diingat adalah 1Hal.

      @MERK. Alias Branded Alias Merek.

      Bagaimana bila kita ganti pertanyaannya seperti ini.

      "Kenapa yah motor India 200cc kok Kalah jauh saat akslerasi dan top speed dengan Motor Jepang yang cuma 125cc"???

      Semoga membantu.

      Catatan : Aki tidak pengaruh bro.

      Hapus
    2. Oh iya tambahan untuk yang membaca. Jangan terpengaruh oleh harga murah. Pilihlah yang berkualitas. Jangan sampai sia-sia uang yang anda keluarkan.

      Hapus
  3. Terus mas reccomended untuk merk projektor hid yg bagus ap mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya AES Bro.
      AES juga banyak typenya. Kaya merk Mobil ajah. Misalnya Merk T***TA. Dengan Type K*JANG Dll. Banyak type, juga banyak perbedaan spesifikasinya. :)

      Hapus
  4. Pertanyaan dari saya mas ..
    kalo misal saya mau pasang lampu projie dengan spek kira kira luxeon 10/20w seebagai lampu utama. DE + AE sebagai lampu senja . apakah semua itu di hubungkan dengan arus aki..? kalo iya , apakah aki akan tekor dan memerlukan fullwave DC ? ato ada cara lain ? thx ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh. ini kan pertanyaan seputar projector hid.
      Oke. jawabannya, tergantung motornya.

      Hapus
  5. Mas saya mau nanya, saya sudah pasang HID Projie AES 3,5" untuk mata sebelah kanan Xeon 2010 dan yang kiri HID biasa masing2 6000K tapi kenapa ya, sudah saya DC kan menggunakan kiprok Fukuyama sama gulung sepul masih saja tekor. Saya sudah masang hampir 1,3 tahun..
    itu faktor usia apa bagaimana?? sekarang bohlam yang HID biasa mati, mas bisa benerin ga? atau ada recomended bengkel? saya posisi di Cipondoh Tangerang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi bro Aga.

      tekornya itu dari pertama pasang atau akhir-akhir ini? kalau akhir-akhir ini, itu wajar saja. karena umur pakai aki serta muatan pada sel sel aki yang sudah tidak lagi terisi maksimal.

      Sekarang sudah banyak pengganti lampu hid, contohnya Led Cree Gen2. hanya 15W, tapi hasil cahayanya hampir setara 35W HID. Kebetulan dahulu saya jual sparepartnya (Bohlam HID H6) tapi sekarang sudah susah carinya.

      Hapus
  6. Gan saya pasang hid di skydrive.orang yg ngerjain itu sampe seminggu baru kelar.abis gtu baru beberapa kali pake dah soak akinya.gimana tuhh gan?bisa perbaiki di agan aja gak tuh masalah saya?

    BalasHapus
  7. Bos mau konsultasi ni saya mau pasang projector nie hid nya 35watt 6000k tp di ampere nya tertulis inmax 20ampere apa bisa buat motor mio j apa harus ganti thx...

    BalasHapus
  8. Mau tanya bos projector hid 35watt bisa gak buat motor mio j tp di balas tertulis in max 20ampere itu bisa gak ya buat motor mio j saya terus ampere in max itu apa efek nya ya bos mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urusan kelistrikan pasti bisa boz, tinggal teknis pemasangannya saja.

      Hapus
  9. Gan saya pasang HID proyektor di vario 125 35watt 2 biji alias sepasang..awal jalan normal dua duanya nyala tpi stelah dpt 1 kilo lampu mati satu tinggal 1 yg hidup selalu sperti itu.. solusinya gmna ia gan..trimakasih..saya tunggu kbr gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah lagi akinya bro. Ampere pada aki yang kurang seimbang menjadi penyebabnya.

      Hapus
  10. Boss, ane punya headlamp dobel(2 lampu) jenisnya H4. Headlamp bulat diameter 4,5" panjang sekitar 12cm. Dari awal beli cahayanya kurang bagus om. Niatnya mau saya pasangin projie, kira2 bisa gak?thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan bila diameter sebesar ya bisa daplikasikan juragan.

      Hapus
  11. Mas bro..bagi pin bbm or cp nya dong..
    Proji di byson saya mati..awalnya mati hidup..skrg mati total..bingung hid nya or ballastnya ya..input ke ballas ada..outputnya yg ngga tw..ada ngga arusnya..mohon masukan nya dong...
    Thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Test saja dengan posisi ballast tercolok pada kabel set (In). Tetapi output ballast dibiarkan kosong (Jangan dicolok soket lampunya), lalu berikan listrik / hidupkan lampu seperti keadaan normal.

      - Apabila ballast mengeluarkan bunyi ccttt (seperti bunyi lstrik konslet) berarti kemungkinan lampunya yang mati.
      - Apabila ballast tidak terdengar suara, biarpun listrik (in) sudah masuk, berarti kemungkinan besar ballastnya yang rusak

      Hapus
  12. gan mo tny...
    sekring di ballast selalu putus.itu apa ballastnya udah soak y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putus itu di sebabkan oleh masalah "Konsleting" Penyebab sering putusnya sekring bisa dari konsleting pada "Kotak relay/Kabel Harness". atau masalah pada ballast HID.

      Gak ada judulnya Ballast Soak juragan.

      Hapus
  13. gan mau tanya..
    kalo projie G1S yang kotak shroud-nya bisa diganti ga sama yang shroud bulet ?
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertanyaan yang bagus nieh, biarpun akun "Anonim" Tapi ane jawab.

      Bagi yang belum mengetahui apa yang di sebut Shroud itu.
      Shroud (Dudukan angel eye) Yang berwarna asli silver.

      Pada dasarnya lebar pada projector lens adalah sama. +/- 2.5 Inch.
      Jadi sebenarnya Shroud (Kotak) bisa digunakan pada Projector Lens Bulat. Dengan dimensi lensa yang sama.

      Hapus
  14. Mas led cree 20w bisa dipakein shroud projie? Klo bisa tipe apa yg pas dipakein ke cree20w

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, Cek saja foto-foto kami di

      www.fb.com/regulatorkiprokmotor

      Hapus
  15. bro gini ane dr bandung tepatnya derah cibiru (uin bandung)
    ane mau pasang lampu HID AES,kira2 berapa bro?
    maklum masih awam,terima kasih,
    klo bisa ane minta pin antum bro,
    klo enggak invite ane bro 260635e9
    terimakasih
    balas

    BalasHapus
  16. saya pake.projie, cmn double angel eye nya mati.. saya sudah kesa sini nyari solusi hasilnya nol, lampu awalnya nyala, cmn gk sampe 30 menit udh mati lagi.. harus digimanain yah ? mohon infonya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Double Angel Eyenya mati, disini maksudnya Neon Ringnya yang mati? Ganti saja inverternya boz. kemungkinan kena air atau konslet atau memang cacat produk.

      Hapus
  17. Om, kalo projie suka nyala mati itu kenapa ya? soket2 kenceng semua, aki sehat, pengisian oke, cuma setiap motor dipakai jalan 5-10menit pasti projie suka ngedip ngedip trus mati, mesti off saklar beberapa waktu baru mau on nyala lagi, apanya yg bermasalah ya?mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akinya tekor, pengsian dan pemakaian tdak seimbang.

      Hapus
  18. Selamat siang om

    nuwun sewu, mau tanya, saya pake vixion 2012 rencananya mau pasang Projektor. kalo recomemnded dr om yang brp kelvin ya ?
    dan semisal untuk swictoff lampu paki tombol switch off mesin apakah gpp ?
    trims.. mohon bantuannya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelvin lebih baik 4300K saja. Untuk segala cuaca.
      Tidak apa2 mas.

      Hapus
  19. Om...mau nanya.....klo led cree yg 15w itu berapa kelvin om,trus apakah harus fullwafe,ganti kiprok segala macam,trus itu biki reflektor meleleh gk,pemasangan nya harus ngorbanin reflektor gk??

    Trimakasih

    BalasHapus
  20. Gan...kreta fu kalau memakai projie dgn hid 55 wat n ballast 55 wat sanggup ga??? Walaupun kiprok d double jadi 2,,,????

    BalasHapus
  21. maaf om sebelumnya kalo salah kamar, abis saya komen di kamar yang bener ga pernah nyangkut -_-
    motor saya zx130 sekarang rencana mau pasang projie, kirakira pake lensa 2,5 muat ga yah kan reflektornya kecil banget.
    ato pake ukuran yang berapa ya?
    apa pemasangan projie bisa tanpa memakai shroud (soalnya kan kalo ga pake itu belakan lensana bolong jadinya.
    mohon pencerahannya suhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau antara bidang dan objek modifikasinya tidak memadai, lebih baik gunakan pilhan alternatif yang lain juragan. Misalnya menggunakan lampu led Cree U3 atau Cree 15W yang 4mata.

      Hapus
  22. om mau nanya nih projecktor q kusam warnanya kurang cerah nih solusinya gimana apakah reflektornya di crome atau cukup di bersihin tapi pake apaan

    Bales ya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah dapet konsumen yang mirip keadaannya seperti ente. Chrome asli projectornya pertama di kupas dengan cara digosok menggunakan amplas. lalu bowl/rumah/mangkok projectornya di chrome ulang. Namun beliau pesan, Lapisan chrome untuk yang kuat pada suhu tinggi. mengingat HID sangat panas.

      Hapus
  23. mas mau nanya klo projie pasang di beat old/karbu harus rubah kelistrikan lg ya gan...???
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas motor saya supra x 125 th 2010 !!!
      Saya mau pasang projie tpi bingung harus ambil rojie sobel atw 1 aja soalnya rumah lampunya ada 2 !!!
      Trus katnya harus bongkar spul ama ganti kiprok + aki apa harus kaya gitu yag mas ???
      Mohon pencerahanya mas !!!!

      Hapus
    2. Dari ukuran projector HID yang muat pada reflektor Honda Supra X 125 jelas bisa di pasang hanya 1 saja. itupun dengan ukuran yang kecil.

      Tergantung apa yang ingin dicapai.?

      Hapus
  24. gan ada ngk projie untuk LED CREE COB GEN4 ?? klau ada harga berapa? kalau bisa untuk beat fi apakah harus bobok reflektor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada gan. Kalaupun ada, ya sudah pasti bobok reflektor gan.

      Hapus
  25. Bos saya mau tanya apakah projector yang di pasang pada motor tanpa reflektor bawaan motor hanya projector nya saja apa cahaya nya bisa sempurna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempurna ya pasti sempurna boz. Namun kalau kena debu, air, atau kotoran lainnya apa tidak rusak itu projectornya boz?

      Hapus
  26. Maaf mau tanya, head lamp motor saya sdh lama menggunakan HID 6000k,waktu itu masih menggunakan sekring 10 amper original, ketika sdh putus sekringnya & susah mencari yg asli lg, saat ini saya memakai sekring yg biasa ( abal-abal ) hasilnya tdk tahan lama ( cepat putus : sudah dicoba dari amper terkecil sampe amper besar 25 amper ) tapi tetap saja masih suka putus, pertanyaanya , kira2 apa penyebab dari sekring yg cepat putus, & berapa amper yg ideal seharusnya dipakai paka motor byson saya, mohon advisnya tks sonnyanjasmara@gmail.com 082214655440

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bila ada gejala sekring cepat putus, kemungkinan besar ada masalah pada kelistrikannya gan. Silakan dicek dahulu dari semua sektornya. ideal untuk lampu HID 35W ya 5A-10A.

      Hapus
  27. Gan mau tanya nih, angel eyes mati sebelah itu biasanya kenapa ya? HIDnya sih 22nya gak bermasalah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dari inverter atau dari AEnya itu Sendiri.

      Hapus
  28. minta solusi mas ak pasang projie 55watt tiap d bwa stgh jam ato bwt reting msti prepet" trus mati .d nyalain lg bisa. .ee bwt jalan mti lg kyk aki gk ngsi stabil .ctatan ms .uda ganti kiprok ori tiger ,fullwave ,ganti spul bru .masi aja bgtu .mtr fu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian kelistrikan motor anda melebihi pengisian dari kiprok motor anda. Solusinya. Kurangi pemakaian dan besarkan pengisian. Terima kasih.

      Hapus
  29. Bro, gue mau nanya nih..
    Gue udah beli lampu Hid nya, tpi kok bru berapa hari gue pake, stiap gue make lampu sein atau make rem. Lampunya kok sering mati - mati ya ? Apa karna akinya atau apa ya ? Gue tunggu balasannya ya bro...

    BalasHapus
  30. minta solusi mas ak pasang projie 35watt tiap d bwa stgh jam ato bwt reting mati .d nyalain lg bisa. .klo bwt jalan mti lg kyk aki gk ngsi stabil .ctatan ms .uda ganti kiprok ori tiger ,fullwave ,ganti spul bru .masi aja bgtu .motor supra x 125 tahun 2006

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya pengisian motor ente masih kalah besar dengan pemakiannya juragan. Solusi : Ganti lampu yang masih menggunakan bohlam dengan type LED.

      Hapus
  31. Om mau tanya, saya kan pakai proji yang 35 Watt, tapi lampu pendeknya kok ga bisa ya? malah lampu panjangnya aja yang bisa ? kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lampu jauh dan dekat diatur oleh kabel set HIDnya juragan. Bila kasus seperti anda, berarti kemungkinan besar input lampu jauhnya putus/lepas atau kabel set HIDnya sudah rusak.

      Hapus
  32. Bang mau tanya

    Kalo pas lampu utama proji nyala kok bunyi ya .. bunyi nyaring cuman tidak keras .. klo pas mati dan lampu angle eyes nya nyala .. tidak bunyi .. apakah ini masalah sepele ato serius .. motor saya new vixion

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunyi Nyaring cuman tidak keras? Ini pernyataan yang sedikit aneh juragan. Oke, mungkin menurut ente berdecit yah? Itu normal boz. Bila ente menggunakan ballast Type AC, maka hal itu adalah normal.

      Hapus
  33. Mas..mw nyak...kendraan saya satria fu mw upgrade hid ballast 55w dgn projie,,,sanggup ga ya gan...wlwpun sdah d full wave n ganti kiprok tiger...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak kuat juragan. Kecuali sudah gulung spull.

      Hapus
  34. Kaka mio soul yg lama itu klo mau pake lampu proji harus ubah kelistrikan yaghh....
    Tapi kalo udah diubah kelistrikan, ttep bkin tekor aki gg??
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak tekor gan. asal yang pasang sudah mengerti.

      Hapus
  35. gan mau tanya, saya udah pake proyektor. nah kalo misalkan lampu hidnya dilepas terus diganti sama lampu biasa h1s bisa ngga dipake bareng sama projienya?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asalkan ada type lampu biasa H1S ya bisa gan.

      Hapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  37. gan mau nanya.saya sudah pake hid projector d fu dan udah fullwave pke kiprok tigi ori, tpi kenapa baru pake 2 minggu gejala awal sepido ngeriset trus saklar hid meleleh sampai kbel positif jg ikut meleleh. kira2 apanya yg salah gan .

    BalasHapus
  38. Gan...bohlam gak nyala klo pake relay tp socket solonidnya berfungsi.klo tanpa relay bohlam nyala.gmn tu gan

    BalasHapus
  39. Gan saya mau pasang di mio m3. Td semoet sharing sama kawan katanya kalo mtr injeksi ga perlu ubah ke dc krn arusnya kuat. Emang bener yaa? Takutnya ntr tekor malah beli aki baru ujung2nya. Trs kalo projie yg gede muat ga? Apa hrs yg kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallow, salam kenal juragan. MIO M3 sudah DC yah. Untuk pemasangan projector dan biar gak tekor, ya musti diukur tegangannya saat sudah terpasang. Namun memang biasanya, motor injeksi pengisiannya lebih besar dari motor biasanya.

      Hapus
  40. Gan numpang tanya nih, klo spek projie bulb 35w dan ballast 55w bisa bikin reflektor new scorpio z meleleh ga? Plus minusnya pakai ballast 55w dibanding 35w apa aja ya gan? Terakhir, apa projie mh1 bisa memakai ballast 35w punya hid h6? Makasih sebelumnya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, salam kenal juragan. Kemungkinan reflektor meleleh karena titik panas pada cahaya projector tepat atau berada pada mika reflektornya. dan kemungkinan itu selalu ada.

      Bohlamnya lebih cepat habis gasnya.

      Bisa, karena ballast tidak pengaruh type bohlamnya.

      Hapus
  41. Kasih tips yang lengkap dong gan buat make projector hid biar ga tekor aki..yang lengkap dong gan plis jawabb...

    BalasHapus
  42. Bro ane baru pasang projie di mio j. Mio j keadaan masih standar. Aki masih bagus. Pas di nyalahin projienya oke nyalah. Klakson sein starter elektrik pun ngangkat. Tapi pas 10 menitan projienya flicker gan. Dan pas stop ane coba malah ga ngangkat gan. Jadi cuma nyalah redup flicker beberapa detik terus mati. Itu kenapa ya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, salam kenal juga gan. Kemungkinan besar itu adalah, pengisian yang lebih kecil daripada pemakaian. Saran, kurangi pemakaian listrik yang lainnya.

      Hapus
  43. Om mau tanya ne. Fuse projie hid sy sering putus saat bulb hid dinyalakan. Tp jika socket bulb di lepas dr ballast fuse gak putus. Mohon advise nya om. Thks. Jika berkenan infokan ke 085226134476 ato bbm 7a6af344

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallow slaam kenal juga juragan. Kemungkinan besar fuse terlalu kecil. Sifat sekring yang bagus adalah bila dialiri listrik belebih dari kapasitasnya maka akan otomatis putus. Bisa juga terjadi konsleting pada bohlamnya.

      Hapus
  44. Gan saya mau tanyak hid saya tiba tiba mati waktu motorx abis di cuci itu kira kira konslet ap knp ya gan tp demon,eagle eyesx masi nyala cuma hidx yg mati kira kira bisa di betulin kah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buka di youtube. Searching video berjudul. "Cara test lampu hid yang mati atau rusak". Terima kasih.

      Hapus
    2. Gan sya udah pasang projie aes g1 hid 35w 6000k, klo mau lebih terang ganti merk apa ya bulb nya yg 35watt juga, tpi yg harganya ekonomis ?

      Hapus
  45. mau tanya gan, saya pake hid sekitar bulan awal juli sampe sekarang. nah tadi malem motornya dipake sehat sehat aja, pas ditinggal parkir semalem kok besoknya aki langsung soak. kenapa yah kira kira?
    waktu bongkar, ada beberapa semut di perkabelan motor saya. apa mungkin korslet gara gara si semut itu?

    BalasHapus
  46. bro sya pasang hid xenon supra x 125 thn 2010 pada test awal normal semua,lapu nyala 22nya,hi-lo bisa,tpi gak lama kadang nyala 1,kadang hi-lo gak bisa,mohon solusinya
    makasih bro ekranoplane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian lebih besar dari pada pengisian gan. Makanya otomatis mati salah satu saat voltase berkurang.

      Hapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...