Sabtu, 01 Maret 2014

FULLWAVE HONDA CS1

Honda CS1 berkumpul di workshop
KLIK PADA FOTO UNTUK MEMPERBESAR TAMPILAN

Bagi anda yang memiliki motor Honda Cs1. Berikut kami jabarkan cara membuat FullWave sistem pengisian aki motornya.

Cara ini sebenarnya bisa digunakan pada setiap motor yang belum menganut sistem kelistrikan fullwave, atau biasa disebut halfwave. Nah sebelum melakukan perubahan sistem fullwave. Keadaan kelistrikan motor harus sudah DC. Ubah arus yang semula AC ke DC. Caranya Cek di SINI.Setelah motor sudah berubah jadi DC. Bisa ikuti langkah selanjutnya.

Bahan & alat yang musti disiapkan :

* Kiprok 2Phase. Biasanya kiprok tiger. Disini kami menggunakan merk "Fukuyama Sanex". Karena sudah terbukti awet & tahan lama.
* Selongsong bakar atau selang bakar.
* Solder bagus & Timah.
* Voltmeter Digital. Untuk mengetes Probe Positif & Negatif.
* Kabel bagus. 1mm. atau lebih untuk Proses ubah DC.
* Kunci-kunci atau alat membongkar sepeda motor & Spull. ( Kunci L, Kunci T Dll)

Langkah pertama : Bongkar body motor, dari ujung depan hingga ujung belakang. Mengapa musti membongkar semuanya? karena untuk mengubah DC ada di kabel bagian depan. Sedangkan kiprok terletak dibagian belakang. Setelah terbongkar semua, Cabut kabel (+) Positif aki & Sekring utama, hal ini untuk mencegah konsleting saat membongkar nanti.

Langkah kedua : Buka dan tampung OLI motor. Buka footstep depan sebelah kiri, buka tutup gear depan, buka blok bagian kiri. (Hati-hati dalam mencongkel blok mesin, jangan sampai merusak kertas packing). Setelah terbuka, buka spull dengan kunci L. Setelah terlepas, lepas serta bersihkan solderan pada ujung kabel kuning yang menempel pada stator / spull. (Lihat pada foto dibawah, No.1)

Fullwave Honda CS1
Lepas juga ujung kawat grounding ataua kawat ground yang menempel pada stator / spull. (Jangan lupa bersihkan bekas timah solderan yang masih menempel).

Langkah ketiga : Setelah kabel kuning dan kawat spull (Ground) terlepas. Gunakan cutter untuk membuat pijakan timah pada ujung kawat (dikerik). Agar mudah disolder. Sambungkan kedua kutub tersebut. Ujung kabel kuning bertemu ujung kawat tadi yang sudah dikerik. Langkah penyambungan harus menggunakan solder yang bagus. Jangan gunakan isolasi untuk menutupi sambungan tersebut. Gunakan hanya selongsong kabel / kabel bakar. (Lihat pada foto dibawah).

Cara Fullwaving Honda CS1
Setelah dirasa aman. Untuk memastikannya, gunakan Multitester digital. Set multitester ke mode Continuity atau Buzzer (suara). Colok probe merah pada output kabel warna kuning. (Terdapat pada soket 4sekun dekat karburator). Lalu colok probe hitam pada body stator. Bila buzzer berbunyi. Tandanya proses menutup sambungan kabel tadi belum benar. (Ulangi langkah dengan baik). Bila buzzer tidak berbunyi, tandanya sukses.

Langkah keempat : Pasang kembali dengan benar stator, serta perlu diperhatikan sambungan tadi. Jangan sampai tertekuk atau posisi yang dapat menimbulkan efek kurang baik nantinya. kalau penulis, menaruh sambungan tadi dibalik stator. (Ingat, di cek kembali posisinya). Pasang kembali semuanya seperti membalikkan proses membongkar tadi.

Cara fullwave motor Honda CS1

Langkah kelima : Buka kiprok asli motor, Putus kabel atau lepas sekun pada soket kiprok. Menggunakan obeng min (-) kecil. Penulis memilih memutuskan kabel output ke kiprok. Dan menyambungkannya dengan disolder pada setiap sambungannya. Cara ini dapat dilakukan bila anda menggunakan kiprok yang sudah ada kabelmya. Seperti Fukuyama Sanex.

Berikut sambungannya :

Kabel Asli motor <=> Kabel pada kiprok.

+ AKI  <=> Merah
Ground  <=> Hijau
(Output Spull) Kuning  <=> Merah Muda
(Output Spull) Putih  <=> Putih
Volt Monitor  <=> Hitam.

Kabel hitam pada kiprok, berfungsi sebagai voltase monitor. Bila voltase kurang, maka kiprok akan mengisi hingga batas maksimal. Bila voltase sudah cukup, maka kiprok akan mengurangi daya pengisian.
Kabel hitam ini dijumper pada kabel pada kunci kontak, berwarna hitam.

Bila sudah selesai langkah diatas, silahkan test pengisian pada aki motor. Menggunakan Multitester. Cara diatas juga dapat dilakukan pada Honda Sonic & CBR Built Up Thailand.

Selamat mencoba. Jangan lupa memberikan komentar.

Bila ragu atau tidak memiliki alat yang cukup lebih baik datang ke ahlinya. Untuk saat ini, tempat kami baru melayani untuk fullwaving Pada Honda CS1 saja.

12 komentar:

  1. Balasan
    1. Bro alamat lengkapnya, sapa tw ane bisa mampir, biar CS1 ane makin yahud....email ke yudo.dev@gmail.com , rute ke lokasi nya..tks

      Hapus
    2. Alamat kami kan sudah jelas dicantumkan pada tab diatas, slakan buat janji terlebh dahulu bla hendak ke TKP

      Hapus
  2. kena harga brpa mas ? minat ini

    BalasHapus
  3. Kalo rubah gini arus pengiasiannya gimana mas? Pake dua HID 35 Watt kuat kah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya lebih baik boz. Masih aja pakai 2 HID. Pakai LED Gen2 saja bro.

      Hapus
  4. Gan ane minta alamatnya dong.. udah minat nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Searching saja RK Motor Pamulang juragan.

      Hapus
  5. RK motor responnya mantep, ane chat whatsapp langsung di respon baik..
    minggu main ah ke bengkel, ganti kiprok skalian ubah kelistrikan fullwave cs-one ane

    BalasHapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...