Rabu, 23 Juli 2014

TIPS DAN TRIK LED CREE GEN2

Panduan teknis pemasangan Led Cree Gen2/Gen3

Tips Pemasangan Lampu Cree Gen2

Seperti kita ketahui, bahwa pemasangan lampu jenis ini memerlukan beberapa panduan teknis. Yang sebenarnya terkadang terlihat mudah, menjadi terlupakan.

  1. Arus listrik yang menyuplai lampu jenis ini adalah arus DC, atau arus yang stabil. Biasanya dari AKI atau lewat proses ubah DC pada motor. (Cara ubah atau konsep DC itu)
  2. Baca dahulu tentang informasi jenis motor yang bisa dipasang lampu jenis ini.
  3. Bila kelistrikan belum DC, jangan dipasang. Karena hanya akan merusak lampu ini. (Bila rusak dengan cara ini, klaim garansi tidak berlaku)
  4. Pastikan voltase kelistrikan motor anda sesuai ambang batas normal. 9V-16V.
  5. Lampu led 15W, bukan berarti aki motor anda tidak akan tekor bila sudah menggunakan lampu ini. Hanya saja resiko tekor sangat diminimalsir pada sektor pemakaian listrik.
  6. Setelah memasang lampu ini, pastikan anda mengganti lampu rem motor anda ke jenis LED. Mengapa? Baca di "Mengapa harus ganti lampu rem led".
  7. Kabel "low" Putih, kabel "High" Biru & Kabel "Ground" Hijau.
  8. Pada dasarnya lampu jenis ini bisa digunakan semua motor, namun banyak juga yang karena ruang sempit dibalik reflektor. Jadi tidak bisa masuk karena mentok pada spedometer / lainnya.
  9. Bila lampu sudah terpasang dan mentok pada bagian belakang lampu atau driver, driver bisa dilepas dan taruh disamping lampu. (Lihat foto diatas)
  10. Bila melakukan poin no.9. Hal yang perlu diperhatikan adalah agar "Micro fan" atau kipas kecilnya tidak bersentuhan dengan benda yang dapat menghambat perputaran baling-baling. Karena bila kipas tidak berputar, lampu akan segera mati saat panas sudah terlalu tinggi.
  11. Lakukan penyambungan kabel dengan cara memotong ujung kabel lampu cree, jangan mempertahankan sekun asli bawaan lampu. Sambung dengan cara kabel bertemu kabel langsung. Atau kabel lampu ditambah sekun asli yang cocok dengan soket dimotor.
  12. Pada poin no.11. Kecuali motor tertentu yang sekun lampunya sama dengan sekun pada motor, bisa menggunakan sekun asli lampunya.
  13. Pada beberapa motor, model rumah lampu masihl menggunakan jenis yang lama. Contoh pada Supra 100cc, Thunder 125, Honda New Megapro & Scorpio. Model lampu H6 tetapi "PER" penekan lampu cree tidak usah dipakai. Karena bila dipakai, maka setelah lampu cree Gen2 ini terpasang sudut segitiga lampu tidak akan lurus / mengarah seharusnya. (lihat foto dibawah).
  14. Untuk poin no.13. Caranya adalah dengan menekuk dudukan kaki tiga adapter H6 kearah driver. Lalu pasang lampu cree ke headlamp tanpa menggunakan Per. Posisikan sudut segitiga seperti gambar yang bergaris merah dibawah. (Lihat Foto dibawah)
foto posisi yang salah dan benar
Cara pemasangan lampu cree gen3 (poin 13)

Produknya: Led Cree Gen2 / Gen3
Update 13 Agustus 2014
  
* Video Pemasangan Cree Gen3 pada reflektor type lampu H6 (type bulb biasa pada reflektor) Contoh pada Vario 125.


* Video Pemasangan Cree Gen3 pada Reflektor Lampu Type H4 (Type bulb H4)
Contoh pada Vixion. (Cara ini bisa juga digunakan pada lampu type HS1 / H7)



Artikel ini akan terus diupdate seiring perkembangan produk & cara pemasangan yang terbaik.

RK MOTOR

5 komentar:

  1. Mas kalo scorpio pernya ga dipake trus yang ngunci lampunya apa
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya sih kita tidak menggunakan dudukan aslinya bila menemukan kasus seperti itu.

      Hapus
    2. Bang kalo pasang lampu led di vario 125 ubah arus listriknya atau ngerubah ubah kabelnya ga ?

      Hapus
    3. Hallo, salam kenal juragan. Vario125 sudah DC dari pabriknya juragan. Untuk pemasangan lampu led motor, vario125 tidak ada ubahan apapun. hanya tinggal sambung kabel saja.

      Hapus
  2. Kalau pasang lampu led...harus pasang sekring juga(seperti HID)??

    BalasHapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...