Rabu, 01 Oktober 2014

CARA UBAH KELISTRIKAN DC HONDA VARIO

Cara ubah DC Honda Vario CW dan Techno 110

Cara Ubah DC Motor Honda Vario

Sudah menjadi berita umum, bahwa lampu utama jenis LED sudah sangat banyak membanjiri negeri ini. Dari berbagai bentuk, jenis dan type yang banyak di gadang-gadang paling terang, paling awet dan irit listrik. Namun dari semua jenis iklan tersebut, harap melakukan observasi sendiri terlebih dahulu. Untuk memastikan lampu tersebut dapat beroperasi dengan baik, maka sudah sewajarnya kelistrikan motor yang standar diubah dahulu ke DC.

Cara ini untuk merubah kelistrikan DC pada Honda Vario CW dan Vario Techno 110 saja, karena Honda Vario 125 dan Honda Vario Techno 110 Fi sudah sepenuhnya menganut sistem kelistrikan Full DC.

Langkah ini adalah langkah yang biasa kami lakukan, untuk memastikan alur yang benar harap memahami dengan seksama. Bahan yang dibutuhkan adalah kabel bagus setara atau lebih besar sedikit juga boleh, Sekun (cowo) bila ada, Kabel ties kecil dan obeng minus kecil.

Langkah : 
  1.  Potong kabel ukuran 15Cm, pasang sekun pada salah satu ujung kabel (Lihat pada foto, kabel yang penulis gunakan berwarna putih garis merah). (Bila tak ada sekun, lihat poin no.3)
  2. Congkel/lepas sekun kabel warna kuning garis silver pada soket warna hitam menggunakan obeng minus kecil, (Lihat Foto) setelah terlepas, bungkus sekun tersebut dengan selongsong bakar atau menggunakan solasi bagus. (Kabel ini adalah sumber listrik AC dari Kiprok). Setelah sekun asli motor terlepas, gantikan posisi sekun yang dilepas tadi dengan sekun baru pada kabel yang sudah disiapkan tadi.
  3. Bila tidak ada sekun, maka anda tidak perlu melepas sekun kabel kuning. Tetapi anda musti memutus kabel warna kuning tersebut dengan jarak +/- 5Cm dari pangkal soket lalu menyambungkan dengan kabel yang sudah disiapkan tadi. Jangan lupa untuk mengamankan sambungan tadi.
  4. Ujung kabel satu lagi, kita "Jumper" atau "Suntikkan" pada sekun kabel kunci kontak (Kabel warna merah garis hitam). Caranya dengan mengupas sedikit ujung kabel tadi, lalu kita congkel/lepas sekun kabel kunci kontak. Lalu buka sedikit/longgarkan bagian pengikat bawah sekun kabel kontak, setelah terbuka sedikit jepitkan ujung kabel pada sekun kunci kontak tersebut. Lalu jepit kembali sekun yang tadi kita longgarkan. (Hal ini kita lakukan untuk menggantikan sumber listrik yang tadinya dari kiprok, menuju aki) (Pahami foto diatas). Setelah selesai, pasang kembali sekun kunci kontak tadi.
  5. Rekatkan kabel jumperan tadi dengan kabel kunci kontak menggunakan kabel ties. Setelah selesai, pastikan semua aman. Pasang kembali soket lampu senja dan lampu depan.
  6. Test pertama, putar kunci kontak ke posisi "On". (Tidak perlu hidupkan mesin). Nyalakan lampu senja, nyalakan lampu utama. Bila Lampu senja dan lampu utama sudah bisa menyala tanpa perlu menyalakan mesin, berarti proses ubah kelistrikan motor ke DC telah sukses. Bila belum berhasil, silakan ulangi semua langkah dengan benar.
  7. Setelah semua benar dan berfungsi baik. Ada baiknya anda melepas juga sekun kabel warna kuning pada kiprok. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pengisian kepada aki, dan mencegah tekor aki.
  8. Setelah DC, anda wajib mengganti lampu REM standar dengan Lampu rem LED. Agar aki tidak tekor.
Pembuatan artikel ini ditujukan untuk anda diluar daerah, dan ingin memasang lampu led tetapi masih kurang mengerti caranya. Selamat mencoba.

#Punya masukan atau saran? Silakan komentari artikel ini.

19 komentar:

  1. Mas tolong bikinin arus DC buat mtr vario CW 110 saya dong mas? Lokasi situ di mana?

    BalasHapus
  2. ini yang saya cari-cari makasih RK led motor,

    BalasHapus
  3. Bos, Bisa gak kalau mau pasang lampu utama led di motor yg masih ac cuma ditambah dioda di Kabel positif sebelum lampu lednya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Test saja juragan. Saya belum pernah test.

      Hapus
  4. Mas berhasil tapi kok lampu seign kanan kirinya nyala normal aja. Gak berkedip apa suplai relaynya harus Ac ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyala normal bagus dunk.

      Relay? Relay apa yah? Yang ada juga flasher, arusnya DC. Gak ada AC.

      Hapus
  5. mas bowo poin no 7 saya kurang jelas, bisa tolong dijelaskan dalam foto cara melepas sekun pada kiproknya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekun/Kuningan pada ujung kabel. Lepas kabel warna kuning. Sebenarnya tinggal saya tulis "Putuskan kabel warna kuning paa soket kiprok" namun kan sayang bila diputus begitu saja. Lebih baik dilepas saja dengan mencungkil pakai obeng minus kecil. Suatu saat ingin d standarkan lagi kan gampang jadinya.

      Hapus
  6. Kalo pake hid soak ga batrenya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. HID 18W 2pcs gak soak tuh. kalau mau 35W ya pakai 1pcs saja.

      Hapus
  7. cara diatas sudah saya coba di vario 110 cw dan berhasil tp yg jadi masalah koq aki vario saya jadi tekor padahal lampu msh menggunakan lampu oem dan tidak ada penggunaan aki yg berlebih... mohon bantuannya ya gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara diatas dperuntukan untuk yang ingin mengganti lampu aslinya menggunakan lampu LED atau Lampu Hid. Ubah DC bukan berarti memasang apapun tdak akan tekor. Semua harus seimbang.

      Hapus
    2. bro berarti semua bohlam jepitnya semua diganti dgn yg led???

      Hapus
  8. Kalau pasang lampu HID 2 biji @35 watt d vario 110 , bikin aki tekor g ya bos?

    Misal tekor..d gnti aki vario 125 bs g ?vario 125 kan menganut pelistrikan DC buat lampu utamanya

    BalasHapus
  9. apa cara di atas 100% aman ga bikin aki tekor mas?
    sebenernya tujuan sy rubah kelistrikan dc cuman pengen head lamp nyala konstan dan menurut info emng harus rubah kelistrikan jadi dc, sy pake led m11c sama led flexible gan
    thnx sebelumnya

    BalasHapus
  10. gan lampu senja saya yang led kok panas ya. dan meleleh. kenapa ya. padahal sudah di dc. untuk lampu led utama saya ga ada masalah sih. pencerahannya yan om.

    BalasHapus
  11. saya kemaren pake LED merk RTD M:02D brightneess:3000LM voltage:10-30VDC saya masangnya dr sekring kontak langsung ke saklar lampu utama aja,lampu senja/kota tetap ikut arus dr sepul sedangkan kabel kuning d soket kiprok gak saya lepas,kira" bakal tekor gak aki saya?mohon pencerahannya gan mksh

    BalasHapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...