DAPATKAN HARGA SPESIAL SELAMA RAMADHAN
KLIK DISINI

Jumat, 20 Juli 2012

FUNGSI KIPROK MOTOR

Peranti kelistrikan pada sepeda motor yang satu ini sungguh fital fungsinya. pada dasarnya kiprok berfungsi sebagai penahan dan merubah arus bolak - balik (AC) atau Alternate Current dari spull magnet motor menuju ke penggunaan listrik berarus searah (DC) Direct Current pada motor.

Kiprok motor yang sama jenis namun beda merek

Spull atau kumparan kawat penghasil listrik di motor sudah didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan penggunaan atau beban pada motor. Kiprok merubah arus tersebut menjadi DC dan menstabilkannya pada putaran gas tertentu.

Listrik berarus searah tersebut akan ditampung pada accu / aki motor (pengisian aki). Dengan tegangan aki yang bersifat (DC) diperlukan pengubah jenis tegangan dari spul ke aki, yaitu kiprok.

Pada dunia kelistrikan biasa dikenal dengan alat "dioda jembatan" atau diode bridge. Tinggal amperenya saja yang berbeda, bila di motor biasa dikenal dengan KW (Kilo Watt). Nah, bayangkan saja bila Kiprok tidak ada pada motor, bagaimana CDI motor dapat bekerja? yang notabene diperlukan arus stabil dari aki.

Jadi berhati - hatilah dalam memodifikasi peranti yang satu ini. jangan sampai kenyamanan kita terganggu saat dijalan. So pasti jangan gunakan merek KW alias No.2, gak bakalan awet dah.

1 komentar:

  1. punya saya motor vixion th 2008 pake HID 50watt + projector apa bisa pakai alat kiprok regulator ini bisa tahan brp jam agar aki ngak tekor setelah pasang alat tersebut.

    BalasHapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...