Sabtu, 21 Juli 2012

CARA TES VOLTMETER PADA AKI MOTOR

Multitester untuk aki

Aki motor yang sudah berumur lebih dari 2 tahun, umumnya mengalami kerusakaan sel pengisiannya. Apalagi aki type MF (maintenance free). Nah, tanda - tanda itu bisa diketahui lebih dini dengan melakukan pengetesan pada aki menggunakan multitester. Penulis menggunakan multitester type digital, lumayan lah multitester hadiah pelatihan otomotif dari pemkot.


Caranya multitester disetel ke arah tegangan 20V, lalu kabel merah di tempelkan ke aki positif, dan kabel berwarna kesukaan penulis yaitu hitam ditempelkan ke kutub negatif. Setelah ditunggu +/- 10detik baru deh tegangan yang tertera pada indikator digital multitester tersebut stabil.

Dibeberapa merek aki rekomendasi pabrikan tertera minimun tegangan V (Voltase) pada aki. Bila tegangan aki dibawah 12,4V maka wajib dilakukan pengecasan pada aki. Hindarilah menggunakan aki motor pada tegangan yang sudah ngedrop, karena beberapa komponen sepeda motor bisa maksimal digunakan pada tegangan aki yang normal. Semoga pembaca yang budiman selalu aman dan nyaman dijalan. amien

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...