DAPATKAN HARGA SPESIAL SELAMA RAMADHAN
KLIK DISINI

Jumat, 17 Agustus 2012

CARA PASANG LAMPU HID

Pasang HID Motor
Lampu HID sejatinya diperuntukan untuk peranti keamanan ekstra, karena cahaya yang dihasilkan dari lampu ber-Gas tersebut cukup terang untuk mendampingi perjalanan anda. Mungkin dari para pengguna roda dua yang awam akan cara pasang lampu hid di motor masih mencari cari informasi yang baik tentang cara pemasangannya yang mudah.

Awal sebelum pemasangan lampu HID ini, kita musti mengetahui bagaimana lampu ini bisa menyala dengan baik. Tidak sepeerti lampu halogen biasa yang tinggal colok sesuai dengan jumlah kaki pada konektor lampu besar. Lampu HID membutuhkan tegangan listrik yang stabil, dan ini bisa didapat dari tegangan aki motor kita.

Dalam artikel sebelumnya penulis pernah membahas tentang cara merubah kelistrikan motor yang normal (ac) ke DC. Betul, jadi lampu HID bisa digunakan pada motor dengan kelistrikan DC. Jadi anda harus merubah kelistrikan motor terlebih dahulu.

Tespen DC
 Lampu HID kit yang kita beli dari bengkel motor atau toko aksesoris lampu memiliki berbagai jenis, ada yang tergantung watt dan kelvin. Dalam HID kit tersebut umumnya terdapat rangkaian berupa ballast, lampu hid, relay dan kabel yang sudah terdapat sekring pengaman.

>langkah pemasangan
Kabel plus minus bisa langsung dicolok ke aki, kabel plus yang (Umumnya) terdapat sekringnya. Kabel minus umumnya berwarna hitam. Mulai deh brother mengarang penempatan ballastnya, karena umumnya ukuran ballast cukup besar.

Pasang lampu pada rumah reflektor (lihat gambar diatas), lalu ada kabel merah/biru atau putih/hitam yang mengatur high & low lampunya. Dibeberapa merek HID kabel Hi/Low sudah berupa soket kecil. Ini berlaku pada lampu HID yang berfitur hi-low. Kabel putih/hitam umumnya untuk menghidupkan lampu mode low dan yang merah/biru untuk mode high.

HID KIT
Cara memasangnya cukup disambungkan dengan kabel penghubung (standar) hi/low lampu depan, agar nantinya brother bisa merubahnya kembali bila sudah bosan. Bila ingin permanen brother bisa membeli rumah sekun (Soket) yang cocok dengan connector lampu tersebut.

Bila sudah, brother bisa menyambungkan soket soket dari lampu HID keballast HID. Dari relay HID ke Balasst HID. Jangan takut salah, karena soket disini sudah sesuai dengan pasangannya masing masing. Bila sudah beres semua, tinggal brother mencoba untuk menyalakan lampunya. Jangan takut mencobanya sendiri, selama mengikuti arahan dengan baik tidak akan ada konsleting kok. Selamat mencoba.

Skema Sederhana pemasangan lampu HID saat kelistrikan motor sudah DC.

Skema Pemasangan Lampu HID

Keterangan gambar :
Battery : Aki motor
Motor : Relay Konektor
Lamp : Lampu HID (Bohlam)
Ballast : Ballast HID
Original Socket : High / Low

Cari HID murah berkualitas? Klik Link di bawah ini.
Lampu HID Motor Berkualitas

Pemasangan HID oleh kami :

Ongkos pemasangan : Rp.50.000 - Rp.80.000 (Tergantung jenis motor, Kesulitan & Jumlah lampu HID)
Langkah & Cara yang kami lakukan :

Pengecekan Tegangan AKI
* Ubah dari AC ke DC tanpa potong kabel.
* Kualitas kabel diatas kualitas kabel standar motor.
* Penggantian sekun soket tanpa potong kabel.
* Menggunakan selongsong bakar & isolasi kabel kualitas No.1 (Nitto)
* Pengetesan Akurat dengan Tespen DC.
* Switch on/off untuk headlamp motor berlampu dua.
* Konsultasi kelistrikan motor.
* Pengetesan tekor atau tidaknya motor menggunakan Voltmeter Digital yang sangat akurat.
* Tanpa perlu ganti kiprok.
* Yang pasti berpengalaman.

Pemasangan HID silahkan SMS 1 X 24jam sebelumnya.
Pemasangan @TKP Larangan Indah - Larangan - Tangerang.

Bowo
(09:00-21:00)

08989 83 2345 SMS
02193 82 6789 CALL
08777 407 4177 CALL
0813 1748 4555 CALL

Baca Juga :

Cara Ubah AC ke DC
Cara Ubah AHO ke DC

64 komentar:

  1. Gan, saya udah pasang lampunya sesuai petunjuk, lampu udah berhasil nyala (jauh - dekat), tapi kenapa pas nyalain lampu jauh pada lampunya ada suara dan bergetar, trs nyala lampunya tidak fokus. Bagaimana cara mengatasinya gan, di tunggu jawabanya (adi85_ads@yahoo.co.id)tx's

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk mengatur fokus bisa disetel pada bulm HID nya mas

      Hapus
    2. Disetelnya dari headlamp lampunya aja gan.

      Hapus
  2. pasangnya di motor apa gan? sudah pakai regulator kiprok belum gan? biasanya suara seperti itu karena ballast kekurangan Daya gan.

    BalasHapus
  3. bro motor gua kok gak bsa nyala klistrikannya stlah psang lampu hid?

    BalasHapus
  4. itu gejala aki drop biasanya gan. Sudah pasang regulator kiprok belum? agar pengisian kiprok pada aki selalu dalam kondisi maksimal.

    BalasHapus
  5. regulator kiprok apa yah gan?

    BalasHapus
  6. .Baca di blog ini juga. Kan ini blog buat jualan regulator kiprok gan. Fungsinya RK untuk memaksimalkan pengisian kiprok pada aki gan.

    BalasHapus
  7. permisi numpang bertanya
    kenapa ya hasil hid yang saya dapat kurang terang
    lama2 jadi redup putih nya
    saya pakai yang 6k
    saya lihat di jalan motor yg sama jadi ilang lampu sya
    hahahha
    mohon pencerahannya
    THX

    BalasHapus
  8. Bro kalo mau pake projector MH1 yg kayak ente jual gimana caranya yah??

    BalasHapus
  9. @ Bro tomas : Mungkin Gas dalam lamu HIDnya sudah habis gan. ane ada tuh lampunya saja. 140Rb (8.000K). SMS aja gan. 08989 83 2345.

    @putera : Dibobok headlampnya gan.

    BalasHapus
  10. mas ane pasang 8000k tp kenapa hasilnya gak fokus alias menyebar sinarnya,,,gmn solusinya ? mhn pencerahan

    BalasHapus
  11. Beberapa kawan Byonic Tangerang pun mengeluhkan hal yang sama. Solusinya bisa pakai HID Mobil.

    Hasil cahayanya lebih fokus.

    Kalau mau pesan ke ane juga ada. Merek Vinyx. Harga sekarang 790Rb/set. 1set 2lampu.

    BalasHapus
  12. maaf numpang tanya gan,itu reultor fungsinya apa hanya utk pemasangan di lampu hid ato bisa juga utk meemaksimalkan strum aki,ato kalo hanya pake lampu hologen biasa ada pengaruhnya gak kalo dipasangi regulator..

    BalasHapus
  13. Arus motornya ubah ke DC dahulu gan. baru bisa pakai RK gan.

    BalasHapus
  14. Mas, klo pasang lampunya kebalik gimana..artinya gini, kayak yg digambar kan lampunya itu dibawah bohlam yg kawat warna biru itu posisi ngadap bawah ya,nah kalo saya masangnya kebalik jadi kawatnya yg warna biru itu ngadapa ke atas hasilnya jadi gimana mas?
    Thx...

    BalasHapus
  15. agan, Ballast saya selalu putus 2X san bohlam 1 kali<kira2 apa ya yang salah,udah nyala tapi cuma bertahan 2 hari,apa bisa di service ya.. Christ-087788308029

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah dengar gan, kalau ballast bisa di service.

      Hapus
  16. bang kalau supra x 125 kan lampunya 2 apakah balasnya juga dua, total harganya berapa?

    BalasHapus
  17. Dimana yang jual kabel relay bwt lampu HID??

    BalasHapus
  18. New jupiter mx 2013 sy br psg hid kit by richter

    Dsna ada 4kabel yg hrs dicolokin
    2kabel item merah ke aki - dan +

    2kabel lg biru dan coklay utk hi-lo

    Pertanyaan sy adlh, lampu udh berhasil nyala, tp stlh sy cb pakai seharian aki sy jd tekor, knp yah.. Pdhl di bohlam jg trdpt mini ballast..

    Apakah sy hrs tambah relay lg?

    Belinya dmn? Dan harga berapa? Pemasangan mudah nda?

    Mohon bantuannya yah mas
    081314316542

    Thank's ya..

    BalasHapus
  19. Karena Foto-foto pada blog ini gak di labelin, ada saja WEBSITE besar yang mengcopy fotonya. hahahahaha...

    Cek di http://www.pusatlampuhid.com/2012/04/cara-pasang-lampu-hid-motor.html

    BalasHapus
  20. misi bro mau tnya hid ane kok redup terang ya, udh di pasang slama 3bulan lbih
    faktor aki kah?
    trus jdi bunyi ciiiit klo dinyalain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya terjadi konsleting pada bohlam HIDnya juragan.

      Hapus
  21. Saya sudah pasang lampu HID di motor saya. motor saya new jupitermx,tetapi saya coba dengan jarak jauh lampunya nyala,tetapi jarak dekat tidak nyala. Gimana tuh gan solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kabel High/low. Pada kabel input "Low"nya tidak terhubung dengan baik.

      Hapus
    2. rudi setiawan8 Juli 2013 22.05

      Maaf numpang tny gan..
      Saya sudah psng lampu hid 8000K di jupiter mx new dan sudah merubah kimprot saya pakai BRT dualband kenapa masi ngedrop y gan..
      Tq..
      Blz..

      Hapus
    3. Sebentar gan. Perasaan ane gak ada deh namanya Kimprot di motor... Naeh juga yah.

      Setahu ane juga, kalau dualband itu CDI. :(

      Hapus
    4. rudi setiawan8 Juli 2013 22.24

      Maaf gan..
      Saya memakai CDI dualband RK saat saya perjalanan jauh radiator hidup dan lampu hid ngedrop..bs ksi solusi gan..
      Tq..
      Blz..

      Hapus
    5. Pakai Regulator kiprok ajah gan. Rasakan bedanya di tarikan motor nantinya.

      Hapus
  22. juragan... mohon pencerahan
    penginstalan projie udah 2 minggu
    Alhasil Accu tekor
    padahal accu bru 2 minggu..
    motor Vixion

    BalasHapus
  23. sy udah pakai HID seharian tpi aki saya jadi tekor, knp ya...?
    bleh minta slusi nya ga..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemakaian listrik lebih besar daripada pengisian. simple gan.

      Hapus
  24. kang saya mau nanya..... motor vixion ane pake HID .,... sekarang HID nya mati jadi pas di nyalain ada bunyi ciitt..... beberapa kali saya coba tetep ga nyala.... solusinya gmna gann.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu c indikasinya menandakan ada yang error. biasanya bohlamnya. :)

      Hapus
    2. gan penyakit motor ane sama dgn kang asep,,,
      klo di goyang2 kan kabelny hidup HIDnya,,mnurut saya yg bermasalah soketny,,,
      jadi itu kabel klo tanpa soket di satuin langsung bisa g???

      Hapus
    3. bisa boz. ane juga pernah dapat kasus. ballast jebol. karena soket yang rusak. coba deh disambung dengan cara disolder juga.

      Hapus
  25. gimna cara pasng di motor king

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal speknya sesuai dengan standar motor lainnya. pasti bisa c.

      Hapus
  26. ntu relay buatan sendiri berapa harga nya ???

    BalasHapus
  27. klo di liat dri gambar namanya controler,agan jual ga controlernya?
    soalnya yg ane rusak,jadi yg kabel merahnya gada arusnya begitu di cek pake tester.
    kalo emang jual,emailkan brp harganya gan
    email ane

    chan_olloy@yahoo.com

    BalasHapus
  28. gan tolong balas saya.... mau nanya gan kalo pasang HID cb150r gimana apakah aman dan tidak mempengaruhi komponen yg lain?
    Tu cuma tinggal PnP?????

    BalasHapus
  29. Gan, nany dong... Saya mo pasang kepala satria fu k motor, biar g nyangkut gmn y? Nyangkut ny d lampu HIDny... thx

    BalasHapus
  30. gan,hid buat motor new jupiter mx 2011 yg kaya apa ya,mau beli nih

    BalasHapus
  31. maaf numpang tnya broo klo masang lampu hid buat beat fi ada yang hrus drubah gaa klistrikannya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dirubah bro. kan ada tuh bahasan mengenai cara ubah dc motor aho.

      Hapus
  32. bro, numpang tanya, bohlam aslinya cb150r kan 55/60 w. klo mau ganti hid, apa harus hid yang ukurannya 55/60 w juga? klo misalkan pake hid yang 35w, efeknya apa broo

    makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak juga. gak ada efek berbahaya kok.

      Hapus
  33. Boz,,klo mau pasang HID di motor KAWASAKI PULSAR abis brp duit? Apkh perlu pake kiprok biar aki ga tekor, soalnya kaga ad kick starter,klo aki tekor bisa berabe.

    BalasHapus
  34. Gan maaf mau tanya.
    Ane pake supra x 125. Kalo pasang 2 lampu hid apa harus ganti kiprok honda tiger?
    Mohon solusinya gan.
    081288052953

    BalasHapus
  35. gan setelah sy pasang lampu HID kenapa ya aki langsung abis/drop ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena ada beberapa hal yang musti dilakukan gan, paling simple adalah dengan ganti lampu rem ke type LED. Baca penjelasan lengkap nya pada blog ini bro.

      Hapus
  36. bro mau nanya , bbrp hari lalu saya pasang hid di new vixion , tp kok cahaya ny ga terlalu fokus , apa karena kepala ny yg besar ato salah pengaturan ? apa bisa di atur tinggi rendah ny ? thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. HID bersifat seperti lampu standar, memiliki titik fokus yang ditentukan dari panjang / pendeknya bohlam HID.nya. titik pantul tersebut akan sangat mempengaruhi bagaimana hasil cahaya yang terpantul pada reflektor. Kaklau mau fokus, ya pakai projector HID saja Bro.

      Hapus
  37. Gan, ijin bertanya nih, ane pasang Projie di CB 150r, itu posisi ballast dan kawan kawannya di headlamp gmn y?? Soalnya penuh nih di headlampnya, alhasil g pas pemasangan projienya... Mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taruh dibelakang headlamp bro. Kalau ballast bsa ditaruh di bawah tangki bbm

      Hapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...