DAPATKAN HARGA PROMO
KLIK DISINI

Selasa, 29 Januari 2013

PASANG KLAKSON VARIASI BIKIN AKI TEKOR

Apakah bila anda membunyikan klakson, spedometer anda ikut kedip?
Apakah bila anda sering membunyikan klakson, aki anda cepat tekor?
Apakah anda baru pasang klakson variasi dan suaranya tidak nyaring?

Silahkan baca dan pahami artikel ini gan. Semoga membantu.

Contoh pemasangan klakson

Bagi brother & sister, yang masih bingung untuk cara pemasangan klakson variasi pada motor tidak perlu lagi buka halaman lain. Disini akan penulis bahas untuk cara pemasangan klakson menurut sistem kerja kelistrikan motor.

Mungkin bila brother & sister datang kebengkel - bengkel variasi dan ingin memasang klakson kapal atau klakson keong pasti dipasangkan dengan cara "cepat dan yang penting bunyi". Tetapi kita tidak tahu bagaimana cara pemasangan yang baik dan benar.

Berikut penulis jabarkan bagaimana cara pasang klakson model keong (Harmonic/stereo) dengan cara yang sudah banyak diaplikasikan pada bengkel variasi motor khusus klakson ternama.

Klakson Keong Denso

Alat yang di butuhkan :

1. Pastinya klakson, disini penulis menggunakan klakson merek denso sebagai bahan. Karena karakter suaranya mirip BMW, alphard dan harrier.

2. Kabel klakson, Gunakan kabel yang cukup tebal. Misalnya kabel kuningan serat 0,22mm. Harga sekitar Rp.3.500/mtr
3. Relay, mintalah relay asli yang bermerek. Misalnya merek Hella atau Hansa, harga sekitar Rp.25.000.
4. Rumah sekering / fuse holder, gunakan rumah sekering yang bagus untuk memastikan arus listrik mengalir sempurna. harga sekitar Rp.15.000.
5. Sekring / fuse, mintalah sekring yang bagus. Tidak perlu besar. Cukup gunakan yang 10A. harga sekitar Rp.2.000.
6. Sekun aki, Sekun aki mengikuti ukuran dari baut aki yang agan gunakan. Umumnya 8mm-10mm. harga sekitar Rp.2.000.
7. Solasi kabel, gunakan solasi kabel yang bagus. Bila tidak punya usahakan gunakan merek "nitto". harga sekitar Rp.8.000.
8. Sekun cewe, disini penulis tidak menggunakan rumah relay untuk memudahkan proses instalasi. Bila ada mintalah merek utilux. harga sekitar Rp.1.500/pcs.

Petunjuk pemasangan klakson motor
Cara pemasangan :

* Pastikan anda sudah mempunyai posisi yang tepat untuk posisi klakson tersebut bertengger. Usahakan badan klakson tidak menyentuh bidang yang lain. karena bisa membuat suara klakson menjadi SEMBER. Pastikan moncong klakson mengarah ke bawah. (lihat gambar 1)

* Sambungkan sekun aki (+) pada kabel rumah sekring (jangan pasang sekring dahulu, agar lebih aman). Pasangkan sekun aki tersebut pada kubu + (positif aki).

* Tarik atau sambung kabel baru ke kabel sekring. Menuju dudukan "relay". Pastikan posisi relay dekat dengan klakson serta terjangkau oleh sekun asli klakson motor. Pasangkan sekun cewe ke kaki relay nomer "30".

* Pasangkan sekun dari klakson asli motor anda yang sudah dilepas ke nomer "86 & 85" pada kaki relay. Untuk memastikan, tekan switch klakson saat motor posisi "On". Bila terdengar suara "cetak-cetek" dari relay, berarti sudah benar.

Skema sederhana pemasangan klakson motor


* Karena klason ini mempunyai dua kubu yang berbeda, maka buatlah cabang dari satu sekun cewe. Satu sekun punya dua jalur kabel menuju klakson. Pasangkan sekun cewe bercabang tersebut ke kaki relay nomer "87". Jalur satu menuju klakson yang bernada "High" yang satu lagi menuju nada "Low". Jangan lupa pasangkan juga sekun cewe pada kedua ujung kabel yang akan dipasangkan ke sekun (Laki) pada masing-masing klakson tersebut.

* Buat lagi 2 (Dua) buah kabel yang sudah dipasangkan sekun (cewe). Sambungkan sekun tersebut pada pada sekun (laki) dari klakson. Lalu sambungkan ujung kabel satunya ke Body. Lakukan hal yang sama pada klakson satunya lagi.

Rumah Sekring
* Bila sudah terpasang semua, Jangan lupa memasang sekring dirumah sekringnya. Tinggal ditest suaranya deh. Bila sudah lantang suaranya, tutup bagian-bagian yang terbuka tadi. Terutama sekun yang di kaki relay dan di kabel-kabel. Selamat mencoba.

Catatan : 
Gunakan bahan yang bagus untuk hasil yang maksimal.
Efisiensikan panjang kabel untuk hasil maksimal (jangan terlalu panjang, usahakan pas).
Untuk klakson dengan satu suara, Tidak perlu membuat cabang pada sekun no.87.


Jangan Norak dijalan yah. Gunakan klakson disaat memang diperlukan.
Jangan ragu untuk bertanya kepada ahlinya.

Salam.

Bowo.
RK Motor

13 komentar:

  1. hmmm....pngin coba tp msih ragu sama satu prtnyaan ini :
    tutorial tsb bisa di aplikasikan di motor yg ber arus AC gak? semisal satria f gitu?
    thanks gan.....

    BalasHapus
  2. Saya sudaah aplikasikan ke motor cb150r tapi masih pake sikiring bawaannyaa.. Suara sudah oke tpi lampu kedip ketika klakson dibbunyikan.. Kira" masalahnya dmna ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekring bawaan bagaimana maksudnya bro?

      Hapus
    2. ada itu sekring bawaan motor bro..
      apa harus buat sekring tambahan dari relay ke aki gan? blum solved ini masalah ane gan

      trus saya mw nnya gan, apa kutub negativ klakson bisa langsung jumper ke kutub negative aki gan? bukan ke masa tapi lgsg ke aki (-)

      Hapus
  3. gan saya dah nyoba di vixion old tapi ketika di tes hanya 1 klakson yang lantang dan yang satu lagi suaranya sperti nahan serta lampu redup..belum pasang sikring tambahan juga sih..kenapa ya gan..???

    BalasHapus
  4. kalo pas klakson di bunyikan lampu utama motor jadi redup kira2 knp.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya elah c boz. kan diatas dibahas. kenapa gak di baca boz...

      Hapus
  5. Bos kalo pemasangan klakson kapan merk mocc untuk vario125fi dimana ya agar enggak keluar dan kelihatan mencolok terima kasih

    BalasHapus
  6. ko saya masang ga nyala ya, apa mungkin ga pakai sikring?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekring fungsinya untuk mengamankan bila terjadi konsleting bro.

      mungkin pemasangannya kurang tepat, biasanya di Ground/ minus yang kurang diperhatikan

      Hapus
  7. Saya mau tanya, apa pemasangan klakson ganda menggunakan relay ada efek negatifnya pada aki dan kelistrikan yang lain di motor supra X 125?? Terima kasih

    BalasHapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...