Selasa, 29 Januari 2013

PASANG KLAKSON VARIASI BIKIN AKI TEKOR

Apakah bila anda membunyikan klakson, spedometer anda ikut kedip?
Apakah bila anda sering membunyikan klakson, aki anda cepat tekor?
Apakah anda baru pasang klakson variasi dan suaranya tidak nyaring?

Silahkan baca dan pahami artikel ini gan. Semoga membantu.

Contoh pemasangan klakson

Bagi brother & sister, yang masih bingung untuk cara pemasangan klakson variasi pada motor tidak perlu lagi buka halaman lain. Disini akan penulis bahas untuk cara pemasangan klakson menurut sistem kerja kelistrikan motor.

Mungkin bila brother & sister datang kebengkel - bengkel variasi dan ingin memasang klakson kapal atau klakson keong pasti dipasangkan dengan cara "cepat dan yang penting bunyi". Tetapi kita tidak tahu bagaimana cara pemasangan yang baik dan benar.

Berikut penulis jabarkan bagaimana cara pasang klakson model keong (Harmonic/stereo) dengan cara yang sudah banyak diaplikasikan pada bengkel variasi motor khusus klakson ternama.

Klakson Keong Denso

Alat yang di butuhkan :

1. Pastinya klakson, disini penulis menggunakan klakson merek denso sebagai bahan. Karena karakter suaranya mirip BMW, alphard dan harrier.

2. Kabel klakson, Gunakan kabel yang cukup tebal. Misalnya kabel kuningan serat 0,22mm. Harga sekitar Rp.3.500/mtr
3. Relay, mintalah relay asli yang bermerek. Misalnya merek Hella atau Hansa, harga sekitar Rp.25.000.
4. Rumah sekering / fuse holder, gunakan rumah sekering yang bagus untuk memastikan arus listrik mengalir sempurna. harga sekitar Rp.15.000.
5. Sekring / fuse, mintalah sekring yang bagus. Tidak perlu besar. Cukup gunakan yang 10A. harga sekitar Rp.2.000.
6. Sekun aki, Sekun aki mengikuti ukuran dari baut aki yang agan gunakan. Umumnya 8mm-10mm. harga sekitar Rp.2.000.
7. Solasi kabel, gunakan solasi kabel yang bagus. Bila tidak punya usahakan gunakan merek "nitto". harga sekitar Rp.8.000.
8. Sekun cewe, disini penulis tidak menggunakan rumah relay untuk memudahkan proses instalasi. Bila ada mintalah merek utilux. harga sekitar Rp.1.500/pcs.

Petunjuk pemasangan klakson motor
Cara pemasangan :

* Pastikan anda sudah mempunyai posisi yang tepat untuk posisi klakson tersebut bertengger. Usahakan badan klakson tidak menyentuh bidang yang lain. karena bisa membuat suara klakson menjadi SEMBER. Pastikan moncong klakson mengarah ke bawah. (lihat gambar 1)

* Sambungkan sekun aki (+) pada kabel rumah sekring (jangan pasang sekring dahulu, agar lebih aman). Pasangkan sekun aki tersebut pada kubu + (positif aki).

* Tarik atau sambung kabel baru ke kabel sekring. Menuju dudukan "relay". Pastikan posisi relay dekat dengan klakson serta terjangkau oleh sekun asli klakson motor. Pasangkan sekun cewe ke kaki relay nomer "30".

* Pasangkan sekun dari klakson asli motor anda yang sudah dilepas ke nomer "86 & 85" pada kaki relay. Untuk memastikan, tekan switch klakson saat motor posisi "On". Bila terdengar suara "cetak-cetek" dari relay, berarti sudah benar.

Skema sederhana pemasangan klakson motor


* Karena klason ini mempunyai dua kubu yang berbeda, maka buatlah cabang dari satu sekun cewe. Satu sekun punya dua jalur kabel menuju klakson. Pasangkan sekun cewe bercabang tersebut ke kaki relay nomer "87". Jalur satu menuju klakson yang bernada "High" yang satu lagi menuju nada "Low". Jangan lupa pasangkan juga sekun cewe pada kedua ujung kabel yang akan dipasangkan ke sekun (Laki) pada masing-masing klakson tersebut.

* Buat lagi 2 (Dua) buah kabel yang sudah dipasangkan sekun (cewe). Sambungkan sekun tersebut pada pada sekun (laki) dari klakson. Lalu sambungkan ujung kabel satunya ke Body. Lakukan hal yang sama pada klakson satunya lagi.

Rumah Sekring
* Bila sudah terpasang semua, Jangan lupa memasang sekring dirumah sekringnya. Tinggal ditest suaranya deh. Bila sudah lantang suaranya, tutup bagian-bagian yang terbuka tadi. Terutama sekun yang di kaki relay dan di kabel-kabel. Selamat mencoba.

Catatan : 
Gunakan bahan yang bagus untuk hasil yang maksimal.
Efisiensikan panjang kabel untuk hasil maksimal (jangan terlalu panjang, usahakan pas).
Untuk klakson dengan satu suara, Tidak perlu membuat cabang pada sekun no.87.


Jangan Norak dijalan yah. Gunakan klakson disaat memang diperlukan.
Jangan ragu untuk bertanya kepada ahlinya.

Salam.

Bowo.
RK Motor

26 komentar:

  1. hmmm....pngin coba tp msih ragu sama satu prtnyaan ini :
    tutorial tsb bisa di aplikasikan di motor yg ber arus AC gak? semisal satria f gitu?
    thanks gan.....

    BalasHapus
  2. Saya sudaah aplikasikan ke motor cb150r tapi masih pake sikiring bawaannyaa.. Suara sudah oke tpi lampu kedip ketika klakson dibbunyikan.. Kira" masalahnya dmna ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekring bawaan bagaimana maksudnya bro?

      Hapus
    2. ada itu sekring bawaan motor bro..
      apa harus buat sekring tambahan dari relay ke aki gan? blum solved ini masalah ane gan

      trus saya mw nnya gan, apa kutub negativ klakson bisa langsung jumper ke kutub negative aki gan? bukan ke masa tapi lgsg ke aki (-)

      Hapus
    3. saya sama nih sma mas bro ini,,, skring bawaan yang d mksud tuh skring yang ad d bwah jok mtor mas,, cntoh ny klo ninja 250 fi pnya skring masing2 (untuk horn ad sndri,dn lmpu2 yang lain jg ad sndri) jd mnrut sya ga prlu skring tmbahan lg,, tapi TETAP aj lmpu kedip wktu klakson bunyi,, tu yang msih sya bingung,,mhon pencerahan ny mas bro...

      Hapus
  3. gan saya dah nyoba di vixion old tapi ketika di tes hanya 1 klakson yang lantang dan yang satu lagi suaranya sperti nahan serta lampu redup..belum pasang sikring tambahan juga sih..kenapa ya gan..???

    BalasHapus
  4. kalo pas klakson di bunyikan lampu utama motor jadi redup kira2 knp.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya elah c boz. kan diatas dibahas. kenapa gak di baca boz...

      Hapus
  5. Bos kalo pemasangan klakson kapan merk mocc untuk vario125fi dimana ya agar enggak keluar dan kelihatan mencolok terima kasih

    BalasHapus
  6. ko saya masang ga nyala ya, apa mungkin ga pakai sikring?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekring fungsinya untuk mengamankan bila terjadi konsleting bro.

      mungkin pemasangannya kurang tepat, biasanya di Ground/ minus yang kurang diperhatikan

      Hapus
  7. Saya mau tanya, apa pemasangan klakson ganda menggunakan relay ada efek negatifnya pada aki dan kelistrikan yang lain di motor supra X 125?? Terima kasih

    BalasHapus
  8. Brooo sya mau tny ... Sy psng klakson mocc 8suara d njmx ko suaranya jd biasa . knp y ..trus klo d bunyiin lmpu ngedip...kabel yg ada sikringya itu hrus lngsung ke baud aki tw kmn y ... Dann suket bwaan klakson itu d smbungkn dgn yg wrna ap . mkshh

    BalasHapus
  9. mas bro mau tnya nih,,
    sya pke klakson Mocc suara kpal d Ninja 250 Fi,trus wktu tu klakson mati krna skring klakson putus (10A), lalu sya naikan jd 20A, dn trnyta relay ny yang K.O kbkar,,trus sy gnti relay baru yang ad lmpu indikator ny d dlam relay, dn trnyta klakson ga bunyi,pdhal klakson dh sya cek dg aki lngsung,,aneh ny lg lmpu indikator d dlam relay idup,,akhir ny sya iseng2 hubungkan ktub psitip sma ngatip yang k klakson,,dn ga ad prcikan api sma skali,,yg sya tnya kn yang salah tuh yang mana mas,,?? oia,akhir ny sya ga pke relay ntuk smntara,jd kbel klakson lngsung k sklar klakson,,mnunggu pencerahan dr mas bro bru sy brani bongkar lg.. hehehe trims...

    BalasHapus
  10. Bos motor gue mio
    Pasang kelakson panom pake rilay hella pasang dah bener . waktu di tes suaranya ko g jalan cuma bep bep aja apa yang salah??? Gue pusing tolong bos ksih saran
    Mksih bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kalau motor yamaha, coba ground atau negatifnya disambungkan pada bagian minus aki langsung gan.

      Hapus
  11. Berarti 2 kabel dari klakson asli di cabut trus di pinda ke relay nmer 85 dan 86,,
    Klo terbalik bermasah gak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terbalik tidak masalah juragan. Asalkan Minus klaksonnya tidak bergabung pada kutub 85 tadi.

      Hapus
  12. Boss sy mau tanya
    , sy pasang klakson keong denso di mtr honda blade sy, awalnya ay pasang klakson nya itu ngk ada masalah bs bunyi dlm keadaan mesin mati, tp ngk lama stlhnya klakson sy malah jd bunyi hentakan 'dtak dtak dlm mesin mati jg ', kalaupun mau bs bunyi itu sy hrs smpe kecepatan 40-60 km/h, tp abis itu udh ngk bunyi lg dlm kecepatan rendah, paling kl dlm kecepatannya rendah itu cm hentakan doang yg kedengeran, biasanya bunyi tp ini ngk, padahal sy pake aki yg 7 A,dan akinya itu msh bagus banget ngk tekor lg ini sy udh cek ke tukang aki ktnya akiny msh bagus gk tekor, mohon diberikan solusinya dan cara menyelesaikannya, thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallow juragan. Salam kenal. Kemungkinan besar, akinya tidak kuat. Bukan berarti akinya kurang besar. Namun karena pemakaian listrik pada motor agan sudah maksimal. Jadinya saat motor berjalan, baru bisa bersuara, dkarenakan saat motor berjalan pengisian aki lebih maksimal karena putaran mesin.

      Hapus
  13. Bro untuk jalur 87 (cabang dua) yg ke klakson. Itu ditiap klakson ada dua kabel. Mana yg dihubungkan ke relay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabel atau input pada klakson umumnya sama juragan. Tidak ada bedanya. Jadi antara + & - sama saja.

      Hapus
  14. Bro..saya pasang klakson denso di honda beat..pakai relay..tetapi tidak pakai sekring...belum di pakai sampai 1bulan...honda beatnya sudah tidak bisa starter...mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti pemakaian agan mungkin terlalu sangat sering di hidupkan.

      Hapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...