Kamis, 16 Agustus 2012

CARA MERUBAH KELISTRIKAN MOTOR KE DC

Lampu variasi butuh arus aki yang stabil (DC)

Bingung dengan istilah motor AC dan DC? Penjelasan simplenya adalah "AC" kelistrikan lampu motor mengikuti putaran mesin, jika mesin menyala baru lampu bisa menyala. Bila "DC" kelistrikan motor tidak mengikuti putaran mesin, jika mesin mati dan kontak dalam posisi ON. Lampu - lampu motor sudah bisa dinyalakan, dan cahaya yang dihasilkan pun lebih stabil.

Bila ingin menginstal lampu HID atau lampu aksesoris lainnya, seperti Projector HID, LED CREE, Led Luxeon Dll. Wajib merubah kelistrikan motor yang semula AC menjadi DC agar instalasi lebih mudah serta menstabilkan lampu HID yang akan diinstal. Karena beban kelistrikan sepenuhnya akan bergantung pada tegangan AKI Motor.

Pemakaian Tespen DC
Alat yang dibutuhkan :

Tespen DC.
Isolasi yang Bagus.
Cutter.
Kabel sesuai kebutuhan.

Ada baiknya kita mengecek supplay listrik yang mengisi jalur lampu depan menggunakan kabel warna apa. Cara ini bisa diketahui lewat membongkar switch yang berfungsi untuk menghidupkan lampu senja dan lampu besar. Ingatlah kabel yang mensupplay berwarna apa.


Honda : Kuning Garis Putih / Kuning polos / Kuning garis Silver
Yamaha : Kuning / Kuning garis merah
Suzuki : Kuning garis Putih 
(untuk lebih yakinnya silahkan cek sendiri atau bertanya pada bengkel yang ahli)
(Warna diatas adalah patokan yang musti kita cek paling awal, setiap type motor berbeda beda)

Skema sederhana :
Setelah mengtahui kabel input yang menuju switch on/off, anda bisa menemukannya pada soket yang menghubungkan dari bagian bawah ke bagian atas. (Dari spull menuju Switch On/Off)

Skema Ubah Ac Ke DC Motor

Setelah menemukan soket yang menuju switch on/off, mulailah untuk mencari kabel warna apa yang mensupplay listrik dari kiprok. Cara ini bisa menggunakan metode sederhana dengan bantuan tespen DC (Bukan tespen AC). Jepit kutub minus (Jepit buaya) pada body motor (pastikan jepit buaya mendapat arus ground atau negatif), colok tespen dc pada kabel yang dituju. (Lihat pada foto motor xeon diatas). Nyalakan Mesin Motor, Bila tespen DC menyala mengikuti putaran mesin. Berarti kabel tersebut yang harus ditandai. (cara ini harus switch lampu on/off dalam keadaan Off)

kabel yang sudah ditandai tadi bisa di lepas dari soket tersebut pada sekunnya dengan cara dicongkel menggunakan obeng min kecil. Setelah sekun terlepas, sambungkan kabel yang menuju switch on/off lampu tersebut dengan cara dijumper ke kabel kunci kontak. Jangan salah sambung, karena biasanya ada dua kabel dan pilih yang (umumnya) berwarna hitam (honda) atau kuning garis orange atau orange (suzuki) atau merah garis hitam (yamaha).

Jangan lupa sekun kabel yang dilepas tadi diisolasi dengan baik, untuk mencegah konsleting.

Silahkan dicek lagi deh keluaran hasil voltasenya. Kalau disaat menyalakan lampu variasinya. Posisi voltase turun dengan cepat, Bisa dipastikan AKI anda akan tekor nantinya. Namun, bila turun lambat voltasenya dan saat di gas voltase kembali naik. berarti aman.

Selamat mencoba.

Baca Juga : 
* Cara Ubah DC di Motor dengan sistem lampu AHO.
* Cara Ubah DC Motor Honda Vario CW dan Vario Techno 110

RK MOTOR

24 komentar:

  1. mas sy mau dibantuin langsung aja, bisa gak? posisi dimana ya? sy di bekasi. no hp sy 0813 8091 3007

    BalasHapus
  2. kalo motor F1Zr dirubah ke full dc apa positif negatifnya gan?makasi atas jawabanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua motor hampir sama gan positif dan negatifnya. intinya c lampu jadi lebih stabil cahayanya gan.

      Hapus
  3. kalo pake 2 hid biar aki ga tekor gimana ya gan caranya?
    tolong saran lengkapnya dong gan. thx

    BalasHapus
  4. thanks gan sangat bermanfaat informasinya....
    http://www.rajalistrik.com

    BalasHapus
  5. Gan ane mau tanya, di supra x ane kan headlampnya dua. Jadi ane pasang lampu xenonnya 2. Nah, pas dinyalain lampunya redup dan lampu rem belakang juga ikut redup. Apakah itu bisa di stel kelistrikannya agar stabil?

    Terimakasaih

    BalasHapus
  6. Saya pnh coba cara ini di suzuki smash.. Kabel dr sepul ke head lamp dijumper ke kunci kontak.. Hasilnya lampu netral malah jd redup kok ya kalo di on kan.. Pdhl lampu belum dihidupkan.. Kenapa ya itu?

    BalasHapus
  7. gan ada yg sya bingung dengan kelistrikan satria fu 150,,kayaknya ada yg korslet,,gas nya tidak stabil,,

    BalasHapus
  8. Gan kalo Vario Techno 110cc Kelistrikanya AC apa DC ?

    BalasHapus
  9. gan kalo pake HID zenon 35watt buat vario techno 125fi pake 2 bisa gag? apa harus tambah accu lagi? atau gimana?
    bls ya gan. makasih

    BalasHapus
  10. Gan, kan setelah sekun dari alternator dicabut, terus kbel dari soket satunya disambung ke kontak .yang dari alternator nya itu dibiarkan aja terbuka ya?? atau disambungin ke mana gitu?
    masih bingung gan..

    BalasHapus
  11. gan ane mau tanya motor ane suzuki shogun sp ane pasang lampu hid ane pasang lampu hidnya satu gan ane pasang kemarin pas malem ane coba trus nyala bagus lama klamaan pas ane nyalain lampu sen mati hidnya gan trus ane on off nyala lagi pas di injek rem mati lagi karena lampu rem itu kira-kira apanya gan mohon bantuanya gan ?

    BalasHapus
  12. Lw buat vario 110 caranya gmna gan..

    BalasHapus
  13. Abang2, gini. Motor saya SUPRA X 125 D(2005).Nah, dicover head lampnya kan ada perangkat lagi semacam kaca buat nyebarkan cahaya agar lebih terang. Saya ingin memasang lampu HID disana. Aman ga? Kan suhu dari lampu hid itu tinggi, kira2 bahaya tidak kalau dipasang lampu hid.Mohon sarannya.

    BalasHapus
  14. Gan,,,,motor supra x sy sudah di pasang lampu HID,tapi sekarang posisi lampu mati. tapi tiap kali switchnya sy posisikan di on,di balastnya ada suara "CIS". kira2 supaya nyala normal lg,gimana yah ?

    BalasHapus
  15. informasinya cukup membantu bro, terima kasih

    BalasHapus
  16. Kalo udah diganti ke dc,diganti lagi ke ac apa bisa?

    BalasHapus
  17. kalau untuk nvl gimana cara ubah ke dcnya mas ?

    BalasHapus
  18. Pak help donk...Nouvo z pake 2lampu projie,,tekor saat mesin hidup sekitar waktu45 menit an,,itu kenapa ya..mohon bantuan donk

    BalasHapus
  19. Pak help donk...Nouvo z pake 2lampu projie,,tekor saat mesin hidup sekitar waktu45 menit an,,itu kenapa ya..mohon bantuan donk

    BalasHapus
  20. saya sudah buat sserti yg mas bilang,tapi kok lampu tanda jarak jauh di spidometer gk idup ya mas.mhon bantuannya mas.motor saya supra x 125

    BalasHapus

SILAHKAN BERIKAN KOMENTAR ANDA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...